Timnas AMIN Somasi KPU Buntut Adanya Makian ke Anies saat Debat

Ade Rosman
15 Januari 2024, 20:33
anies, kpu, somasi
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Calon presiden-wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memasuki ruangan untuk mengikuti debat kedua calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023).
Button AI Summarize

Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menyampaikan somasi terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU). KPU disomasi karena makian terhadap Anies oleh pendukung salah satu paslon lainnya ketika debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1) lalu.

Direktur sengketa proses Tim Nas AMIN Zaid Mushafi megatakan hal itu telah disampaikannya saat rapat bersama KPU beserta timses paslon lainnya di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (15/1).

"Sore ini dalam rapat KPU, kami dari Tim Hukum Nasional AMIN menegaskan dan menyampaikan kembali perihal teguran hukum atau somasi kita kepada KPU terkait penyelenggaraan debat ke-3 kemarin," kata Zaid kepada wartawan di Kantor KPU.

Zaid mengatakan Timnas AMIN sangat menyayangkan adanya oknum pendukung paslon lain yang melontarkan ucapan penghinaan secara langsung terhadap paslon yang didukungnya.

"Karena debat ini adalah event dan acaranya KPU jadi kami memberikan teguran hukum kepada KPU melalui somasi hari Jumat (12/1) kemarin," katanya.

Timnas AMIN telah menyampaikan langsung dalam rapat bersama KPU yang digelar hari ini. Zaid menyebut, Komisioner KPU August Mellaz telah menerima somasi tersebut dan tengah menyiapkan jawabannya.

"KPU pun melalui Pak August Mellaz sudah menerima somasi tersebut dan sedang menyiapkan jawaban ataupun konfirmasinya karena fakta-fakta tersebut, sudah beredar di media sosial," katanya.

Timnas AMIN pun meminta KPU menindak orang yang memaki tersebut. Adapun, ia menjelaskan kronologis kejadian itu. "Itu ada dua. Ada yang (Anies) bacot, ada yang cukup keras, ada yang umpatan tidak baik," katanya. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...