Anies Respons Gerindra Mau Pilpres Satu Putaran: Jangan Ada Rekayasa

Ameidyo Daud Nasution
15 Januari 2024, 15:46
anies, pilpres, gerindra
ANTARA FOTO/Ardiansyah/wpa.
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyampaikan pidato saat menghadiri acara Sholawat Kubro dan Ngaji Kebangsaan dalam rangka Haul KH Maksum Lasem dan KH Abdul Halim Maftuhin Di Desa Karang Anom, Kabupaten Lampung Timur, Lampung, Minggu (14/1/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan mencurigai tertentu dibalik keinginan Gerindra agar Pemilihan Presiden berlangsung satu putaran. Menurut Anies, ada kemungkinan isu ini dilempar untuk merekayasa Pemilu. 

 “Jangan-jangan ini indikasi mau ada rekayasa. Jangan sampai, biarkan saja rakyat yang menentukan,” kata Anies dalam acara Desak Anies di Ambon, Senin (15/1).

Mantan gubernur Jakarta ini menekankan, keputusan Pilpres satu putaran atau dua putaran berada pada rakyat, bukan selera elit politik. Anies mengkhawatirkan kemungkinan adanya rekayasa jika elit yang memutuskan.

"Biarkan rakyat yang berkuasa, bukan kita yang memiliki kuasa untuk menentukan,” ujarnya. 

Sebelumnya Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani meminta kadernya memenangkan paslon nomor urut dua, Prabowo-Gibran dalam satu putaran. Muzani bilang, hal ini harus dicapai untuk menghindari keterbelahan di masyarakat. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...