KPK Kejar Harun Masiku Sampai Ketemu, Abaikan Kabar Sudah Meninggal

Ira Guslina Sufa
17 Januari 2024, 08:30
KPK Harun Masiku
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) memasang seni instalasi memperingati empat tahun menghilangnya buronan KPK Harun Masiku di depan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (15/1/2024).
Button AI Summarize

Ketua sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango menegaskan penyidik lembaga antirasuah terus memburu buron Harun Masiku. Menurut Nawawi pengejaran terus dilakukan tanpa memperhitungkan kabar-kabar yang beredar mengenai Harun Masiku. 

"Kami terus bekerja tanpa mencari tahu apakah HM ini telah pergi atau belum, kami masih terus bekerja," kata Nawawi dalam konferensi pers Kinerja dan Capaian KPK 2023 di Gedung Merah Putih KPK, seperti dikutip Rabu (17/1). 

Nawawi mengatakan dirinya juga telah mendengar tuntutan dari aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) soal Harun Masiku yang masih buron selama empat tahun agar ditangkap. Dia pun telah berkomunikasi dengan kepala satuan tugas (Kasatgas) yang ditugaskan untuk mencari dan menangkap Harun Masiku.

"Saya menanyakan sejauh mana kerjaanmu, dia bilang 'mohon waktu kami terus cari'," ujar Nawawi. 

Di sisi lain, Nawawi mengakui ia juga turut mendengar kabar mengenai isu Harun Masiku sudah meninggal dunia seperti ramai dibicarakan di sosial media. Kabar Harun Masiku sudah meninggal juga diungkap oleh pegiat antikorupsi Boyamin Saiman.  Nawawi mengatakan KPK akan tetap bekerja mencari buronan KPK itu dengan mengabaikan isu yang beredar. 

"Kalau mati dimana kuburnya? Itu Pak (Wakil Ketua KPK Nurul) Ghufron yang ngomong, saya cuma lanjutin," kata Nawawi. 

Sementara Dewan Pengawas KPK memastikan terus memantau proses pencarian Harun Masiku oleh tim penyidik lembaga antirasuah itu. Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean mengungkapkan tim penyidik KPK bahkan telah memperluas pencarian ke negara tetangga, meski demikian pencarian tersebut belum membuahkan hasil.

"Semua (pencarian) dilaporkan kepada Dewas. Mereka juga ada yang berangkat ke Filipina untuk mencari Harun Masiku tapi sampai sekarang juga memang belum ketemu," ujar Tumpak. 

Mantan pimpinan KPK periode 2003-2007 itu mengatakan proses pencarian Harun Masiku selalu ditanyakan setiap rapat antara Dewas dan pimpinan KPK. Menurut dia hal itu akan menjadi pengingat kepada pimpinan KPK bahwa mereka masih punya PR yang belum selesai.

Peringatan 4 tahun Harun Masiku hilang
Peringatan 4 tahun Harun Masiku hilang (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.)

Duduk Perkara Harun Masiku hingga Jadi Buronan KPK 

Harun Masiku ditetapkan KPK sebagai tersangka dalam perkara dugaan pemberian hadiah atau janji kepada penyelenggara negara terkait penetapan calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat terpilih periode 2019-2024 di KPU RI. Meski demikian, Harun Masiku selalu mangkir dari panggilan penyidik KPK hingga dimasukkan dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak 17 Januari 2020.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...