BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem, Perkirakan Hujan Landa Jakarta Hari Ini

Ira Guslina Sufa
18 Januari 2024, 07:11
Bmkg prakiraan cuaca
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/Spt.
Awan tebal yang menyelimuti pemukiman dan gedung bertingkat di Jakarta, Senin (8/1/2024).
Button AI Summarize

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan potensi perubahan cuaca akibat Siklon Tropis Anggrek diperkirakan meningkat menjadi kategori dua. Kondisi ini dapat menyebabkan potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia.

"Diperkirakan Siklon Tropis Anggrek meningkat dari kategori satu menjadi kategori dua dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah selatan," kata Deputi Meteorologi BMKG Guswanto seperti dikutip Kamis (18/1). 

Ia menjelaskan, Siklon Tropis Anggrek itu terpantau berada di Samudera Hindia barat Bengkulu. Siklon ini dapat berdampak pada gelombang laut tinggi di kisaran 1,25 meter hingga 2,5 meter di Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung, serta Bengkulu hingga Pulau Enggano, perairan selatan Banten hingga Jawa Tengah.

Sementara gelombang yang lebih tinggi di kisaran 2,5 meter hingga 4 meter berpotensi terjadi di Samudera Hindia barat Kep. Mentawai. Kondisi ini terjadi mencakup juga di perairan Lampung dan Samudra Hindia selatan Banten. Ia menyampaikan Siklon Tropis Anggrek itu tepatnya berada di sekitar koordinat 10,1 lintang selatan dan 94,2 bujur timur atau 1.130 km barat daya Bengkulu.

"Kecepatan angin Siklon Tropis Anggrek maksimum 35 knot dan tekanan udara minimum kisaran 995 hPa bergerak ke arah selatan-tenggara," kata Guswanto.

Sebelumnya, BMKG melalui TCWC (Tropical Cyclone Warning Center) Jakarta, mengidentifikasi Siklon Tropis Anggrek terbentuk di sekitar Samudra Hindia sebelah Barat Daya Bengkulu pada Selasa. Guswanto mengatakan Siklon Tropis Anggrek tumbuh di area tanggung jawab TCWC Jakarta, sehingga sesuai dengan peraturan internasional yang berlaku maka siklon tropis tersebut diberikan nama yang dikeluarkan oleh TCWC Jakarta.

Adapun BMKG memberi peringatan cuaca ekstrem untuk sebagian wilayah di Indonesia. Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle mengatakan sebagian besar hingga seluruh wilayah provinsi ujung utara Sulawesi berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...