Gunung Semeru Erupsi Dua Kali, Lontarkan Abu Vulkanik 500 Meter

Syahrizal Sidik
20 Januari 2024, 14:14
Gunung Semeru Erupsi Dua Kali, Lontarkan Abu Vulkanik 500 Meter
ANTARA FOTO/Irfan Sumanjaya/rwa.
Asap vulkanis keluar dari kawah Gunung Semeru terlihat dari Desa Supiturang, Lumajang, Jawa Timur.
Button AI Summarize

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur kembali mengalami erupsi sebanyak dua kali pada Sabtu pagi ini (20/1).

Petugas Pos Pengamatan Gunung api Semeru Liswanto di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang, mengatakan letusan pertama terjadi pukul 08.13 WIB dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 300 meter di atas puncak atau 3.976 meter di atas permukaan laut. 

"Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah timur laut. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung," katanya, dikutip dari Antara, Sabtu (20/1).

Kemudian, erupsi kedua kembali terjadi pukul 10.02 WIB kembali dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 500 meter di atas puncak atau 4.176 meter di atas permukaan laut. 

Status gunung api tertinggi di Pulau Jawa itu masih pada Level III atau siaga, sehingga petugas mengimbau agar masyarakat tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak atau pusat erupsi. 

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...