Dua Putri Gus Dur Nilai Sikap Gibran Tak Pantas Saat Debat Cawapres

Ade Rosman
22 Januari 2024, 12:01
Debat
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/rwa.
Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Yenny Wahid berbincang dengan santri saat silahturahmi dan Dzikir Kebangsaan di Pondok Pesantren Ma'hadut Tholabah Desa Babakan, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu (3/11/2023).
Button AI Summarize

Dua putri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yakni Alissa Wahid dan Yenny Wahid menyayangkan sikap calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat debat cawapres yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (21/1) malam. Gibran dianggap bersikap tak selayaknya dalam forum resmi tersebut. 

Melalui cuitan di akun X pribadinya @AlissaWahid, Alissa menyayangkan sikap yang ditunjukkan putra Presiden Joko Widodo tersebut  secara berulang terhadap dua cawapres lainnya. Menurut dia Gibran menunjukkan sikap yang tidak pada tempatnya. 

"Menyayangkan sikap mas @gibran_tweet malam ini. Sedikit jahil berbeda dengan sikap melecehkan orang lain. Dan itu yang tadi ditunjukkan mas Gibran berulang-ulang kepada kedua kandidat lain," kata Alissa dalam cuitannya.

Sementara itu, Yenny Wahid yang juga merupakan Dewan Pembina Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menilai gimik yang ditunjukan Gibran cenderung melecehkan. Hal itu menurut dia justru menjadi contoh yang tidak baik. 

Yenny yang hadir secara langsung di lokasi debat itu mengatakan semestinya para kandidat saling menunjukkan rasa hormat satu sama lain. Sikap saling menghargai diperlukan karena ketiganya merupakan tokoh yang dianggap pantas sebagai calon pemimpin.

"Kesannya melecehkan sekali. Menurut saya itu debat, dan enggak perlu seperti itu," kata Yenny.

Menurut Yenny, tokoh yang mewakili kalangan muda seharusnya menunjukkan bahwa anak muda memiliki etika. Ia mengatakan, anak muda seharusnya dapat mengekspresikan dirinya penuh hormat terhadap orang lain.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...