Deretan Tingkah Gibran di Debat Cawapres, Mahfud Ogah Jawab Hal Receh

Ira Guslina Sufa
22 Januari 2024, 09:21
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber da
ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom.
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.
Button AI Summarize

Debat keempat yang mempertemukan tiga kandidat calon wakil presiden dalam rangkaian pemilihan presiden 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Center pada Minggu (21/1) menarik perhatian publik. Di akun media sosial X yang dulu bernama twitter tagar #Debatcawapres menjadi trending sejak debat berlangsung hingga pagi ini. 

Tidak hanya satu, sejumlah tagar lain turut merajai perbincangan di dunia maya. Beberapa tagar yang ramai dibahas adalah #Gibran, #Mahdud, #Rengasdengklok, #Rezimperusaklingkungan hingga #tomlembong. Aneka tagar yang muncul tak lepas dari sejumlah peristiwa ataupun pernyataan yang terlontar dari mulut cawapres selama berlangsungnya debat. 

Salah satu yang cukup banyak dibahas adalah ulang calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka selama debat. Selama debat yang berlangsung dalam durasi 120 menit itu, Gibran beberapa kali terlihat adu pendapat dengan dua cawapres lain yaitu Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD. 

Gibran bahkan juga sempat ditegur oleh Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar yang menjadi moderator debat lantaran kembali mengeluarkan istilah asing saat mengajukan pertanyaan. Padahal sesuai kesepakatan antara Komisi Pemilihan Umum, dan tim dari ketiga pasangan calon selama debat kontestan tidak diperkenankan menggunakan istilah asing. Bila menggunakan maka yang bersangkutan harus menjelaskan makna pertanyaan yang dimaksud.

Deretan kejadian selama debat cawapres yang menjadi sorotan publik dan ramai diperbincangkan di media sosial.

 

Debat keempat Pilpres 2024
Debat keempat Pilpres 2024 (ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom.)

 

Gibran Gunakan Pin ‘One Piece’ Selama Debat Cawapres

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menghadiri debat keempat mengenakan kemeja biru langit yang menjadi ciri khas dia dan calon presiden Prabowo Subianto. Hal berbeda, kali ini Gibran menambahkan pin dari anime "One Piece".

 "One Piece" merupakan salah satu kartun kesukaannya. Ia datang menggunakan sepatu sneaker bernuansa putih hitam untuk menegaskan kesan anak muda. Sementara Prabowo, dia menambahkan jas berwarna biru indigo untuk memberikan kesan formal saat memasuki arena debat.

 Hal berbeda terlihat saat Gibran melakukan debat dengan dua calon wakil presiden lainnya yakni Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD. Dia menambah aksesoris pakaiannya dengan memakai jaket berwarna biru langit dengan kombinasi warna abu-abu di bagian pundak.

Selain itu juga ada ornamen bulat spiral berwarna oranye di bagian dada kanan dan tulisan nomor urut 2 Prabowo-Gibran di sebelah kiri. Jaket tersebut menjadi penampilan baru Gibran setelah pada debat sebelumnya hanya mengenakan setelan kemeja biru.

Gibran Tinggalkan Podium Debat Saat Paparkan Visi dan Misi 

Pada saat debat berlangsung, Gibran sempat Raka meninggalkan podium saat memaparkan visi dan misi. Padahal sesuai ketentuan yang sudah disepakati KPU dan tim sukses dari ketiga kubu, kandidat capres dan cawapres tidak boleh meninggalkan podium selama debat. 

Dugaan pelanggaran ini bukan kali pertama dilakukan Gibran. Dia pernah melakukan hal tersebut saat debat pertama cawapres pada tanggal 22 Desember 2023. Sebelumnya, anggota KPU RI August Mellaz mengatakan bahwa pihaknya dan tim pasangan calon presiden/wakil presiden sepakat menggunakan mikrofon yang terpasang di podium agar calon tak keluar podium.

"Podium posisinya memang seperti jangkar. Kalau yang debat pertama 'kan tanpa podium, asumsinya orang punya ruang gerak, lebih leluasa. Kalau podium, 'kan dibatasinya di podium," kata Mellaz di Jakarta, Rabu (27/12). Ketentuan ini berlaku sejak debat ketiga yang berlangsung Minggu (7/1). Ketentuan ini mulai berlaku pada debat ketiga, Minggu (7/1). 

Debat keempat Pilpres 2024
Debat keempat Pilpres 2024 (ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom.)

 

Gibran Sentil Muhaimin Soal Botol Plastik

Calon wakil presiden nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menyentil komitmen calon wakil presiden nomor urut 1 dan tim pendukungnya soal lingkungan hidup. Hal itu disampaikan Gibran sebelum menanggapi pertanyaan Muhaimin pada sesi tanya jawab di debat keempat pilpres 2024

Setelah moderator memberi kesempatan bicara, Gibran langsung mengkritik tim sukses Muhaimin yang hadir secara langsung di debat yang menggunakan botol minum plastik. Saat itu Muhaimin baru saja bertanya kepada Gibran tentang bagaimana strategi melaksanakan pembangunan dengan tetap menjaga lingkungan.  

"Gus Muhaimin ini lucu ya, menanyakan masalah lingkungan hidup, tetapi itu kok pakai botol-botol plastik itu. Padahal saya, Pak Ganjar, Prof. Mahfud pakai botol (berbahan) kaca. Itu bagaimana komitmennya, botol plastik semua itu," kata Gibran saat debat keempat Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta, Minggu (21/1).

Walaupun demikian, Gibran tak melanjutkan pembahasan soal penggunaan botol plastik. Ia kemudian lanjut menjawab pertanyaan Muhaimin kepada dirinya mengenai strategi pembangunan yang mempertimbangkan keadilan ekologis.

"Tetapi nggak apa-apa, kita kembali lagi ke topik ya. Intinya, di sini kita sudah berkomitmen untuk yang namanya pembangunan tidak boleh lagi Jawa-sentris, harus mulai Indonesia-sentris. Kemarin, Gus Muhaimin menolak IKN (Ibu Kota Nusantara), tidak apa-apa, akan kita lanjutkan dan akan kita perkuat IKN itu," kata Gibran ke Muhaimin.

Dia melanjutkan pasangan Prabowo-Gibran pada prinsipnya menggunakan prinsip keseimbangan dalam pembangunan. Ia mengatakan dalam pembangunan persoalan lingkungan hidup dapat ditegakkan dengan memastikan adanya analisis dampak lingkungan atau AMDAL. 

Mendengar jawaban Gibran Muhaimin mengaku tidak puas. Ia mengatakan Gibran tak menjawab pertanyaan yang diajukan. 

Debat keempat Pilpres 2024
Debat keempat Pilpres 2024 (ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom.)

 

Ekspresi Gibran Cari Jawaban Mahfud Soal Greenflation

Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud Md, menyebut pertanyaan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, soal greenflation tak perlu dijawab. "Saya kembalikan saja ke moderator, ya emang ndak layak dijawab pertanyaan kayak gini ini. Saya kembalikan, ndak ada gunanya menjawab," kata Mahfud dalam debat keempat Pilpres 2024. 

Mahfud menyampaikan hal itu dalam segmen keempat debat untuk menanggapi pertanyaan Gibran mengenai bagaimana cara ia bersama calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dalam mengatasi greenflation atau inflasi hijau. Ia awalnya menjawab dengan definisi ekonomi hijau dan alurnya.

"Untuk mengatasi inflasi hijau, apa sih inflasi hijau? Khan ekonomi hijau, Ekonomi hijau itu adalah ekonomi sirkuler. Di mana sebuah proses pemanfaatan produk ekonomi, pangan misalnya, atau apa, produksi apapun diproduksi, kemudian dimanfaatkan, di-recycle, bukan dibuat," kata dia.

Meski demikian Gibran menyebut jawaban Mahfud tidak menjawab soal inflasi hijau. "Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud, saya nyari di mana ini jawabannya? Kok gak ketemu jawabannya. Saya tanya masalah inflasi hijau, kok malah menjelaskan ekonomi hijau, Prof Mahfud yang namanya greenflation itu, inflasi hijau itu," kata Gibran.

Ia kemudian mencontohkan soal demo rompi kuning di Prancis yang sudah memakan korban dan mengatakan kejadian yang sama tak boleh terjadi di Indonesia. "Intinya, transisi menuju energi hijau itu musti super hati-hati. Jangan sampai membebankan RnD (penelitian dan pengembangan) yang mahal, proses transisi yang mahal ini kepada masyarakat, pada rakyat kecil, itu maksud saya inflasi hijau," ujar dia.

Penyataan itu kemudian ditanggapi Mahfud dengan mengatakan pernyataan Gibran juga tidak menjelaskan soal inflasi hijau. "Saya juga ingin mencari tuh, jawabannya ngawur juga tuh. Gila ini, ngarang-ngarang ndak karuan, mengkait-kaitkan dengan sesuatu yang tidak ada. Begini loh, kalau akademisi itu, gampangnya kalau bertanya yang gitu-gitu itu recehan. Oleh sebab itu, itu tidak layak dijawab menurut saya," ujar Mahfud.

Sebagai informasi greenflation atau inflasi hijau adalah singkatan dari dua kata yakni green (hijau) dan inflation (inflasi). Greenflation bermaka adanya kenaikan harga bahan baku dan energi sebagai bagian dari transisi menuju penggunaan energi ramah lingkungan.

Debat keempat Pilpres 2024
Debat keempat Pilpres 2024 (ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom.)

 

Gibran Cecar Muhaimin Soal LFP dan Kebijakan Nikel 

Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka mencecar Calon Wakil Presiden RI Muhaimin Iskandar dengan menanyakan posisi Muhaimin terkait dengan lithium ferrop hosphate (LFP).

"Paslon nomor urut 1 dan tim suksesnya ini sering menggaungkan LFP, lithium ferrop hosphate. Saya enggak tahu ini pasangan nomor urut 1 ini antinikel atau bagaimana?" ujar Gibran mengawali segmen kelima debat keempat Pilpres 2024 di JCC, Jakarta, Minggu malam.

Moderator debat lantas mempersilakan Gibran untuk menjelaskan istilah LFP.

"Akan saya gunakan apabila pertanyaan belum jelas. Bagaimana Gus Muhaimin? Saya jelaskan juga enggak apa-apa," kata Gibran.

Gibran menjelaskan bahwa LFP adalah lithium ferrophosphate.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...