Sikap Muhaimin dan Mahfud Dinilai Beda dengan Gibran Soal Lingkungan

Ade Rosman
22 Januari 2024, 13:42
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (kanan) menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, s
ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom.
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (kanan) menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.
Button AI Summarize

Debat keempat Pemilihan Presiden 2024 dengan tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, serta masyarakat adat dan desa yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu (21/1) malam. Dalam debat tersebut, giliran tiga calon wakil presiden yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD yang saling bertukar pikiran. 

Direktur Algoritma Research and Consulting yang juga merupakan Dosen Ilmu Politik Universitas Indonesia Aditya Perdana menyoroti topik yang menjadi perhatian dari ketiga calon presiden. Menurutnya, cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD memiliki perhatian yang sama dalam isu lingkungan, sumber daya alam (SDA), dan juga desa. 

Adit berpandangan hal yang disoroti oleh dua cawapres dari kubu berbeda itu melingkupi sudut pandang kelompok masyarakat yakni para petani yang terdampak dari eksploitasi SDA yang ada. Selain itu, disoroti pula permasalahan mafia sebagai faktor pengganggu dan memperumit permasalahan hukum dalam lingkup tersebut.

“Sehingga pendekatan kebijakan yang mereka tawarkan dalam kerangka people oriented dan partisipatif agar dapat mengatasi berbagai masalah yang selama ini terus berulang, terutama yang bersinggungan dengan kebijakan,” kata Adit dalam keterangannya, Senin (22/1).

Adit juga menggarisbawahi strategi Mahfud MD yang menyampaikan opsi membereskan birokrasi. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan itu bertekad melakukan pembenahan aparat penegak hukum yang main mata dalam penyalahgunaan eksploitasi SDA.

Sedangkan Gibran, berdasarkan kesimpulan Adit, lebih banyak menekankan melanjutkan kebijakan yang telah ada. Putra Presiden Joko Widodo itu juga terlihat jelas ingin melanjutkan program Jokowi dengan membuka ruang yang luas sebagai upaya pengembangan bisnis dan perluasan usaha di sektor energi dan lingkungan hidup atau green economy.

“Pendekatan yang disampaikan oleh Gibran tentu memiliki perspektif yang jelas untuk para pengusaha dan memberikan optimisme untuk munculnya green jobs di masa depan,” kata Adit. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...