Bertemu Rakyat Jatim, Ganjar Janjikan Internet Gratis dan KTP Sakti

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
22 Januari 2024, 19:45
Capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo di hadapan puluhan ribu rakyat Jawa Timur, Senin (22/1). Sumber: Istimewa
Katadata
Capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo di hadapan puluhan ribu rakyat Jawa Timur, Senin (22/1). Sumber: Istimewa
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Calon Presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, menyampaikan komitmennya untuk segera melaksanakan program kerja bersama Mahfud MD, calon Wakil Presidennya, jika memenangkan Pemilihan Presiden 2024. 

Di antara janji pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan, PPP, Hanura, dan Perindo itu yakni internet gratis dan KTP Sakti. 

Dalam pidato di hadapan puluhan ribu rakyat Jawa Timur, Ganjar menyebut telah menyiapkan 21 program untuk masyarakat Indonesia jika terpilih sebagai Presiden Indonesia. 

Menurutnya, salah satu program yang menjadi andalan yakni internet gratis. Sebab, akses terhadap internet dapat membuka peluang ekonomi bagi masyarakat dengan berbagai latar belakang. 

“Ketika UMKM, misalnya, kita berikan akses dengan digitalisasi, dengan internet gratis, mereka akan berkembang jauh lebih cepat. Ada anak muda, ada UMKM dan kenapa mereka memilih internet gratis karena mereka punya pengetahuan, mereka anak cerdas," kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Senin (22/1).

Ganjar menyebutkan pula akan memperkuat fungsi dari kartu tanda penduduk (KTP). Karena itu, Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengkampanyekan ihwal KTP Sakti. 

Menurut Ganjar, KTP Sakti nantinya akan membantu penyaluran program bantuan sosial  secara lebih tepat sasaran. Sebab, selama ini pemberian bantuan sosial masih belum efisien karena sejumlah persoalan termasuk minimnya data dan proses verifikasi. 

“Besok (penyaluran bantuan) kita bikin tepat sasaran. Bagaimana caranya tidak terlalu sulit, kalau datanya baik, kalau cara verifikasi baik, maka akan tepat sasaran. Tidak usah susah-susah, pakai KTP saja," ujar Ganjar dalam pidatonya.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar mengajak pula seluruh pendukungnya di Jawa Timur untuk memperkuat dukungan sampai menjelang masa tenang Pemilu 2024. Menurutnya, support dari masyarakat di provinsi ini dapat menjadi energi besar demi kemenangan Ganjar-Mahfud. 

"Untuk seluruh program bisa tercapai, syaratnya kita harus menang. Maka seluruh kekuatan mesti dikonsolidasikan. Dan Jawa Timur, luar biasa, selalu menggetarkan,” tambahnya. 

Hadir pula dalam acara Hajatan Rakyat tersebut Siti Atikoh Supriyanti, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Arsjad Rasyid, Dewan Penasihat TPN Yenny Wahid, Pramono Anung, Ahmad Basarah dan Said Abdullah.



Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...