Top News: Debat soal Baterai LFP, Sepak Terjang Tom Lembong

Aryo Widhy Wicaksono
23 Januari 2024, 05:35
Ketiga cawapres dari kiri ke kanan: Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, dan Gibran Rakabuming Raka saat menjadi peserta Debat Keempat Pilpres 2024.
Katadata
Ketiga cawapres dari kiri ke kanan: Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, dan Gibran Rakabuming Raka saat menjadi peserta Debat Keempat Pilpres 2024, Minggu (21/1)
Button AI Summarize

Debat para calon wakil presiden (cawapres) pada Minggu (21/1) malam menyisakan pergunjingan di media sosial mengenai lithium ferro phosphate atau LFP, dan penggunaannya pada baterai kendaraan listrik.

Hal ini setelah cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyinggung salah satu jenis baterai kendaraan listrik tersebut.

Menurut Gibran, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar kerap mempromosikan baterai LFP yang menjadi alternatif dari baterai nikel.

Sebelumnya, hampir semua kendaraan listrik yang dijual di AS menggunakan baterai lithium ion dengan katoda yang terdiri dari beberapa variasi bahan kimia nikel-kobalt.

Namun pencarian alternatif baterai kendaraan listrik tanpa nikel menguat setelah harga komoditas tersebut melambung tinggi. Akhirnya LFP menjadi alternatif, dengan hampir 75% mobil listrik di Indonesia menggunakan baterai berbahan dasar LFP.

Data mengenai pengguna mobil listrik berbahan baterai LFP di Indonesia menjadi salah satu artikel terpopuler, bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain itu, ketahui juga profil Thomas Lembong, dan ragam tingkah Gibran pada debat.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Mobil Listrik di RI Banyak yang Pakai Baterai LFP, Tidak Gunakan Nikel

LFP atau lithium ferro phosphate ramai dibincangkan warganet setelah calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyinggung salah satu jenis baterai kendaraan listrik tersebut dalam debat cawapres pada Minggu (21/1).

Gibran menuding pasangan calon presiden dan cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar kerap mempromosikan baterai LFP yang jadi “pesaing” baterai nikel.

“Paslon nomor 1 dan tim sukses sering promosikan LFP. Saya gak tahu ini anti nikel atau bagaimana?” kata Gibran kepada Muhaimin dalam Debat Cawapres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (21/1) malam.

Muhaimin merespons pertanyaan Gibran dengan mengatakan perlunya etika dalam berdiskusi.

“Etika itu adalah etika lingkungan, apapun yang menjadi kebijakan kita menyangkut produksi pengambilan tambang, sumber daya alam, juga apapun yang kita gunakan seluruh potensi bangsa ini, rujukannya adalah etika lingkungan. Komitmen kami adalah keseimbangan antara manusia dan alam,” kata Muhaimin menambahkan.

Gibran kemudian mengatakan bahwa membahas LFP sama saja tidak mendukung Indonesia sebagai negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia.

2. Profil Tom Lembong, Mantan Mendag Penulis Pidato Ciamik Jokowi

Calon wakil presiden nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka menyebut nama Tom Lembong, sebagai sosok yang memberikan catatan kepada Cawapres nomor urut 02 Muhaimin Iskandar dalam debat Cawapres pada Minggu, (21/1).

Gibran juga kembali menyebut nama Tom Lembong saat tak puas dengan jawaban Cak Imin soal LFP.

Siapa sebenarnya Tom Lembong?

Tom Lembong merupakan mantan menteri perdagangan dan kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal di era Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.

Pemilik nama lengkap Thomas Trikasih Lembong ini, masuk dalam tim sukses pemenangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...