Kemenhan Dilaporkan ke Bawaslu Soal Tagar Prabowo - Gibran di Medsos

Ade Rosman
23 Januari 2024, 12:03
Kemenhan Prabowo
ANTARA FOTO/Henry Purba/agr/Spt.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bermain air bersama anak-anak saat peresmian dan penyerahan proyek bantuan air bersih di Karanganyar, Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (30/12/2023).
Button AI Summarize

Koalisi Masyarakat untuk Pemilu Bersih bakal melaporkan Kementerian Pertahanan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Kemenhan dilaporkan terkait dugaan pelanggaran pemilu usai akun media sosial X milik Kementerian Pertahanan (Kemenhan) menyertakan tagar Prabowo-Gibran dalam unggahannya.

Salah satu perwakilan Koalisi Masyarakat untuk Pemilu Bersih Ibnu Syamsu mengatakan laporan akan dilayangkan oleh sekumpulan elemen masyarakat yang terdiri dalam koalisi. Laporan akan disampaikan pada Selasa (23/1) siang. 

"Kami gabungan elemen masyarakat," kata Ibnu saat dihubungi Katadata. 

Laporan tersebut dilayangkan lantaran koalisi masyarakat yang mempertanyakan netralitas negara dalam Pemilu 2024. Unggahan di akun X @Kemhan_RI pada 21 Januari 2024 pukul 10:25 WIB mengunggah foto perumahan TNI AU Komplek Skyhank Lanud Raden Sadjad. 

Dalam keterangannya unggahan itu dilengkapi dengan penggunaan tagar #PrabowoGibran2024 selain tagar lainnya yakni #PrabowoSubianto, #MenhanPrabwo, #KSAU, #Kemhan, #KemhanRI, dan #TNIAU. Saat ini caption tersebut telah dihapus, namun jejaknya telah direkam sejumlah akun X lain.

Koalisi Masyarakat untuk Pemilu Bersih menilai cuitan di akun X Kemenhan tersebut melanggar aturan pemilu karena menggunakan lembaga pemerintah. Unggahan itu menurut koalisi telah diakui oleh Bagian Humas Kemenhan. Kepala Biro Humas Kemenhan Brigjen Edwin Adrian sebagai ketidaksengajaan dari admin media sosial tersebut. 

Kendati demikian, Koalisi Masyarakat untuk Pemilu Bersih menyebut hal tersebut merupakan salah satu bentuk penggunaan fasilitas pemerintah untuk kampanye yang dilarang oleh Pasal 280 UU Pemilu. Mereka pun mendesak Bawaslu untuk segera menindaklanjutinya. 

Penggunaan tagas #PrabowoGibran2024 dipersoalkan lantaran berkaitan dengan pesta demokrasi menuju pemilihan presiden yang sedang berlangsung. Prabowo yang merupakan Menteri Pertahanan menjadi salah satu kontestan di pilpres 2024. 

Prabowo berpasangan dengan putra Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka. Di pilpres nanti Prabowo - Gibran akan berhadapan dengan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...