KPU Kaji Dugaan Pelanggaran Soal Gibran Tinggalkan Podium Saat Debat

Ira Guslina Sufa
23 Januari 2024, 06:30
KPU evaluasi sikap Gibran
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nym.
Ketua KPU Hasyim Asy’ari (kanan) berbincang dengan Kepala Biro Partisipasi dan Hubungan Masyarakat KPU Cahyo Ariawan (kiri) di sela konferensi pers terkait persiapan debat keempat Pilpres 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (19/1/2024).
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum bakal melakukan evaluasi soal sikap calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka yang meninggalkan podium saat debat keempat pilpres 2024 yang berlangsung di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1). Sikap Gibran itu mendapat sorotan dari banyak pihak lantaran dinilai tak sesuai dengan aturan debat yang dibuat KPU. 

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan sikap Gibran itu akan dibahas dalam rapat evaluasi yang akan digelar pada 23-24 Januari 2024. Rapat akan dilakukan KPU bersama dengan penyelenggara dari tim masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden. 

"(Calon keluar dari podium) itu bagian dari yang evaluasi," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin.

Ia menyebutkan telah menerima sejumlah masukan, kritik dan saran dari setiap paslon terkait pelaksanaan debat keempat. Masukan dan kritik itu menurut Hasyim akan dirumuskan menjadi catatan penting bagi debat terakhir atau kelima. Setelah itu, KPU akan melakukan rapat dengan televisi penyelenggara yang akan menyelenggarakan debat kelima.

Pada debat keempat lalu, Gibran menjadi sorotan lantaran meninggalkan podium saat memaparkan visi dan misi. Dugaan pelanggaran ini bukan kali pertama dilakukan Gibran. Dia pernah melakukan hal yang sama saat debat pertama cawapres pada tanggal 22 Desember 2023.

Sebelumnya, anggota KPU August Mellaz mengatakan komisi bersama tim pasangan calon presiden dan wakil presiden sepakat menggunakan mikrofon yang terpasang di podium agar calon tak keluar podium. Ketentuan ini mulai berlaku pada debat ketiga, Minggu (7/1). Adapun tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam, pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

"Pada saat rapat disepakati penggunaan podium tetap dilakukan. Podium posisinya memang seperti jangkar. Kalau yang debat pertama 'kan tanpa podium, asumsinya orang punya ruang gerak, lebih leluasa. Kalau podium, 'kan dibatasinya di podium," kata Mellaz. 

Ketentuan ini mulai berlaku pada debat ketiga, Minggu (7/1). Adapun debat kelima akan dilakukan pada 4 Februari. Debat yang akan diikuti tiga capres itu akan mengusung tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3. Adapun pemilihan presiden akan berlangsung pada Rabu (14/2). 

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...