Polemik Data Deforestasi dengan Menteri LHK, Mahfud: Beda Cara Baca

Ade Rosman
23 Januari 2024, 14:36
Deforestasi
ANTARA FOTO/Aloysius Lewokeda/sgd/aww.
Menko Polhukam Mahfud MD (tengah) didampingi Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (kiri) menjawab pertanyaan di Graha Oikumene, Jakarta, Jumat (5/1/2024).
Button AI Summarize

Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD menanggapi bantahan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengenai data deforestasi di Indonesia. Menurut Mahfud sebenarnya tidak ada perbedaan substansial antara data yang ia sampaikan saat debat dengan penjelasan dari Menteri Siti. 

"Memang betul, bukan kesalahan tapi perbedaan membaca data," kata Mahfud di Posko Teuku Umar nomor 9, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (23/1).

Saat debat cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Minggu (21/1) malam, Mahfud menyebut jumlah deforestasi hutan di Indonesia mencapai 12,5 juta hektare. Penjelasan Mahfud itu dibantah Siti Nurbaya. Ia menyebut Mahfud salah mengkalkulasi data. 

Menurut Mahfud perbedaan data yang mencuat antara dirinya dengan menteri Siti bersumber dari perbedaan cara membaca data. Mahfud mengatakan, yang disampaikan Siti merupakan deforestasi netto yang mencakup data yang ada di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan di Badan Pusat Statistik (BPS). Sedangkan, data yang ia sampaikan bersumber dari Global Forest Watch.

"Global Forest Watch itu memotret hilangnya atau tutupan hutan dalam waktu tertentu. Sedangkan deforestasi netto itu merupakan, deforestasi bruto dan dikurangi reforestasi sehingga sisanya catatan oleh Bu Siti Nurbaya," kata Mahfud.

Mahfud mengatakan, hutan yang rusak sebelum reforestasi tetaplah rusak karena terjadi deforestasi. "Karena Bu Siti Nurbaya mengurangi itu dengan reforestasi itu bisa menghitung seperti itu, gitu. Seperti data yang ada di BPS dan juga LHK saya juga baca," kata Mahfud.

Ia mengatakan, cara menghitung seperti itu telah ditulis oleh Guru Besar Institut Pertanian Bogor Hariadi Kartodirjo beberapa tahun lalu. Kendati demikian, Mahfud menyambut positif sanggahan Siti. Menurutnya, tak ada yang salah dengan data yang disampaikannya maupun Siti.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...