Live TikTok Anies dan Tom Lembong, Bahas Gibran hingga Nasihat Nikah

Amelia Yesidora
23 Januari 2024, 17:20
Co-Captain Timnas AMIN, Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong.
Instagram Tom Lembong
Co-Captain Timnas AMIN, Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong.
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan mengadakan siaran langsung alias live TikTok pada Senin (23/1). Kali ini, Anies ditemani Co-Captain Timnas AMIN, Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong.

Tom Lembong merupakan mantan menteri perdagangan dan kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal di era Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo. Dia merupakan sosok di balik pidato-pidato ciamik Jokowi di forum internasional. Salah satunya adalah pidato "Game of Thrones" yang dibacakan Jokowi saat pertemuan IMF-Bank Dunia pada 2018 dan pidato "Thanos" saat World Economic Forum.

Saat debat cawapres, calon wakil presiden nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka sempat menyebut nama Tom Lembong. Gibran menuding Tom sebagai sosok yang memberikan catatan kepada cawapres nomor urut 02 Muhaimin Iskandar tau Cak Imin dalam debat cawapres pada Minggu, (21/1).

Gibran juga kembali menyebut nama Tom Lembong saat tak puas dengan jawaban Cak Imin soal Lithium Ion Phosphate (LFP). "Apa pak Tom Lembong tidak menjelaskan apa itu LFP kepada Gus Imin? Kan itu yang sering digaungkan," ujar Gibran dalam debat cawapres.

Anies dan Tom Lembong juga membahas tudingan Gibran tersebut dalam live TikTok. Selain itu mereka membahas banyak hal termasuk petuah kehidupan.

Berikut beberapa rekap percakapan antara Anies dan Tom Lembong dalam live TikTok:

Tom Lembong Tepis Tudingan Gibran

Dalam live TikTok dengan Anies, Tom Lembong membantah memberikan bocoran kepada Muhaimin atau Cak Imin, seperti yang dituding Gibran.

Saat debat cawapres berlangsung, Tom sedang menghadiri diskusi debat cawapres di salah satu saluran televisi.
Sehingga, tak mungkin memberi contekan untuk Cak Imin.

“Saya di studio, beliau (Cak Imin) di lokasi, bagaimana caranya ya? Enggak ada alat sihir kok untuk ngasih contekan,” kata Tom Lembong saat siaran langsung.

Sebelumnya, Tom juga mengomentari perihal namanya yang disebut-sebut. Ia menyatakan terkejut dan bercerita selama tujuh tahun merupakan pembuat pidato Jokowi. “Mungkin ada yang rindu, ya?” katanya.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...