Deretan Survei Capres Terbaru Januari 2024, Elektabilitas Siapa Juara?

Ira Guslina Sufa
24 Januari 2024, 08:34
survei capres terbaru
Katadata/Lambok Hutabarat
Ilustrasi tiga pasangan capres peserta Pilpres 2024
Button AI Summarize

Elektabilitas tiga pasangan calon presiden dalam kurun kurang dari satu bulan menjelang pilpres masih dinamis. Pada Rabu, 14 Februari 2024 masyarakat Indonesia yang terdapat sebagai pemilih akan menentukan hak suara. 

Komisi Pemilihan Umum mencatat untuk pemilu 2024 sebanyak 204,8 penduduk yang masuk dalam daftar pemilih tetap atau DPT. Mereka tersebar di 38 provinsi dan 128 negara perwakilan juga luar negeri. 

Selain memilih wakil rakyat yang akan duduk di parlemen baik tingkat nasional, provinsi maupun kabupaten dan kota pemilih juga akan menentukan siapa yang akan menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia hingga 2029 mendatang menggantikan Presiden Joko Widodo. Pemilihan dilaksanakan secara langsung dengan setiap orang memberikan satu suara. 

Dalam kurun waktu sekitar 20 hari menjelang pemilu dan pilpres, para calon presiden dan calon wakil presiden makin gencar melakukan kampanye. Mereka berkeliling ke berbagai daerah sesuai zona dan jadwal kampanye akbar yang telah disiapkan KPU. Masa kampanye akan berlangsung hingga 10 Februari 2024. 

Menjelang pilpres, elektabilitas tiga pasangan calon presiden masih mengalami pasang dan surut. Berdasarkan sejumlah lembaga survei pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka konsisten berada di urutan pertama. Meski begitu elektabilitas pasangan yang didukung Partai Gerindra, Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Solidaritas Indonesia dan Prima ini belum stabil menyentuh 50% sehingga berpotensi belum menang satu putaran. 

Dua pasangan lain yaitu Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD masih rebutan posisi kedua. Dalam sejumlah survei Anies - Muhaimin cenderung lebih unggul dengan elektabilitas rerata 25%. Adapun Ganjar - Mahfud berada di urutan ketiga dengan rerata elektabilitas 23%. Meski begitu Ganjar - Mahfud juga beberapa menang dari Anies - Muhaimin seperti tercermin dari survei yang dirilis Charta Politika. 

Anies peluk Cak Imin
Anies peluk Cak Imin (Katadata/Hufaz Muhammad)

Menanggapi dinamika yang berkembang menjelang pilpres, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Komandan Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN), Budisatrio Djiwandono optimistis Prabowo - Gibran akan menang dalam satu kali putaran. Terlebih dengan adanya  dukungan terbuka dari sejumlah tokoh yang dinilai bisa mengerek dukungan tambahan seperti dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir. 

Angan Prabowo - Gibran menang pilpres dalam satu putaran mendapat perlawanan dari kubu Anies - Muhaimin dan Ganjar - Mahfud. Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto berkeyakinan rakyat akan memilih Ganjar-Mahfud menang dan lolos putaran kedua. 

Timnas Anies - Muhaimin juga tak kalah optimistis. Captain tim pemenangan nasional atau Timnas AMIN Syaugi Alaydrus menyatakan dukungan yang terus mengalir untuk pasangan nomor urut 1 itu akan mengantar pada kemenangan. 

Adapun Anies berkeyakinan publik memiliki kemauan dan pandangan sendiri dalam memilih capres. Ia meminta pada petinggi partai politik untuk menjaga jalannya pemilu yang akan dilaksanakan pada Februari mendatang tanpa ada paksaan harus berlangsung satu putaran.   

“Partai pengusung harus ingat, ini adalah pemilihan milik rakyat. Biarkan rakyat yang berkuasa, bukan kita yang memiliki kuasa untuk menentukan,” ujar Anies dalam acara Desak Anies di Ambon, Senin (15/1) lalu. 

Lalu bagaimana peta persaingan tiga pasangan capres saat ini? Sejumlah lembaga survei telah merilis temuan atas preferensi pilihan politik masyarakat menjelang pilpres. Bagaimana hasil survei terbaru atas elektabilitas capres di pilpres 2024 selama Januari? 

Rangkuman hasil elektabilitas capres di pilpres 2024 yang digelar pada Januari

Perbandingan elektabilitas capres
Perbandingan elektabilitas capres (Katadata)

Rangkuman hasil survei capres Indonesia Survey Center 

Survei terbaru ISC diselenggarakan dalam rentang waktu 11—19 Januari 2024. Survei melibatkan 1.670 responden di 34 provinsi di Indonesia. Metode yang digunakan adalah random digit dialing dengan margin of error (MoE) 2,4 % dengan tingkat konfidensial 95 %. 

Dalam survei ini pasangan Prabowo - Gibran menempati urutan pertama dengan elektabilitas 52 %. Sementara itu, pasangan Anies - Muhaimin ada di urutan kedua dengan elektabilitas 21,7 %. 

Di urutan ketiga ada duet Ganjar - Mahfud dengan elektabilitas 18,1 %. Adapun sisanya terdiri atas undecided voters sebanyak 8,2 %.

Peneliti Senior ISC Chairul Pane mengatakan elektabilitas pasangan calon pascadebat ketiga, Prabowo-Gibran justru trennya meningkat. Sedangkan pasangan Anies - Muhaimin dan Ganjar - Mahfud cenderung menurun dari periode survei November 2023. 

Survei ISC juga menemukan data bahwa 80 % responden sudah mantap akan memilih pasangan yang mereka sebutkan. Sementara itu, ada 15,7 % yang masih ragu-ragu atas pilihannya, dan 4,3 % yang memilih tidak menjawab.

Rangkuman survei capres terbaru Survei Economics & Political Insight (EPI) Center 

Survei EPI Center digelar pada 9 - 15 Januari 2024.  Survei melibatkan 1.200 responden mewakili 38 provinsi. Metode survei adalah multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berdasarkan survei terbaru yang digelar pada  9 hingga 15 Januari 2024 elektabilitas Prabowo - Gibran mencapai 50,2 persen. Di urutan kedua elektabilitas Anies - Muhaimin sebesar 21,3 persen, terpaut tipis dari Ganjar - Mahfud dengan 20,1 persen. Sisanya sebanyak 8,5 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Peneliti EPI Center Mursalin mengatakan publik yang merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi cenderung mendukung Prabowo-Gibran. Sisanya diperebutkan oleh Ganjar-Mahfud. Sebaliknya, publik yang merasa tidak puas cenderung memilih Anies-Muhaimin yang menyuarakan jargon perubahan.

Rangkuman survei capres terbaru Charta Politika 

Survei capres terbaru digelar Charta Politika pada  4 – 11 Januari 2024. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan melibatkan 1.220 responden, yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat atau multistage random sampling dengan margin of error ±2,82 %.

Hasil survei capres terbaru Charta Politika menunjukkan tingkat elektabilitas pasangan Prabowo - Gibran mencapai 42,2%. Sementara itu, elektabilitas pasangan Ganjar - Mahfud di urutan kedua dengan 28 %. Adapun capres - cawapres nomor urut 01 Anies - Muhaimin mencapai 26,7 %, dan tidak menjawab sebanyak 3,1 %.

Rangkuman survei capres terbaru dari LSI  

Survei terbaru Lembaga Survei Indonesia atau LSI digelar pada 10 - 11 Januari 2024. Survei ini melibatkan 1.206 responden yang dipilih secara acak melalui metode double sampling. Dengan metode tersebut, margin of error survei diperkirakan +-2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. 

Hasil survei LSI menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka berada di angka 47% pada Januari. Pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 yakni Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar menempati urutan kedua dengan 23,2%. 

Sementara itu, pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud MD 21,7%. Elektabilitas Prabowo - Gibran naik 1,6% dibandingkan Desember. Begitu juga Anies - Muhaimin naik 1%. Sementara itu, Ganjar - Mahfud MD turun 2%. 

Rangkuman survei capres terbaru dari Poltracking 

Lembaga survei Poltracking merilis hasil survei calon presiden yang dilakukan pada 1 - 7 Januari 2024. Survei dilakukan kepada 1.220 responden dengan metode stratified multistage random sampling. Survei ini memiliki tingkat toleransi kesalahan 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Hasil survei terbaru Poltracking menunjukkan Prabowo - Gibran mendapat suara 46,7%. Selanjutnya Anies - Muhaimin dengan 26% dan diikuti Ganjar - Mahfud dengan 20.6% suara. 

Kenaikan tertinggi dialami pasangan Anies-Muhaimin yakni 3,8%. Sedangkan elektabilitas Prabowo-Gibran tercatat naik 1,5%. Adapun, pasangan Ganjar-Mahfud mengalami penurunan tingkat keterpilihan sebesar 6,7%. 

Paku Integritas pemberantasan korupsi capres-cawapres
Paku Integritas pemberantasan korupsi capres-cawapres (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wpa.)

 

Rangkuman survei capres terbaru Survey & Polling Indonesia (SPIN)

Survei SPIN dilakukan pada 8 - 14 Januari 2024. Survei dilakukan terhadap 2.178 orang dengan tingkat kesalahan atau margin of error survei ini ±2,1% pada tingkat kepercayaan 95%. 

Berdasarkan survei ini pasangan Prabowo-Gibran meraih 50,9% suara. Selanjutnya diikuti Ganjar-Mahfud dengan 23,5% dan Anies - Muhaimin dengan 18,9%. Adapun responden yang belum punya pilihan sebanyak 6,9%. 

Rangkuman survei capres terbaru dari Indikator Politik Indonesia 

Survei terbaru Indikator Politik Indonesia dilakukan pada 30 Desember 2023 - 6 Januari 2024. Survei  melibatkan sampel basis 1200 orang, dengan metode stratified random sampling. Ukuran basis sampel basis 4560 responden memiliki toleransi kesalahan atau margin of error 5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Hasil survei Indikator menunjukkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo - Gibran unggul dengan 45,79% suara. Pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar berada di posisi kedua dengan  25,47 %, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di posisi ketiga dengan 22,96%. 

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya mengungkapkan belum punya gambaran apakah pilpres akan berlangsung dua atau satu putaran. Namun ia mengatakan kans Prabowo-Gibran untuk lolos ke putaran kedua lebih besar. Bila survei berlangsung dua putaran ia menyebut kans Anies - Muhaimin lebih besar lolos dibanding Ganjar - Mahfud. 

Rangkuman survei capres terbaru Indonesia Political Opinion (IPO)

Berbeda dengan SPIN, IPO melakukan survei sebelum debat capres ketiga, yakni dalam periode 1-7 Januari 2024. Survei ini melibatkan 1.200 orang responden, dengan margin of error ±2,5% pada tingkat kepercayaan 95%. 

Dalam survei IPO pasangan Prabowo-Gibran meriah 42,3% suara. Selanjutnya elektabilitas Anies - Muhaimin: 34,5%, dan Ganjar-Mahfud 21,5%

Rangkuman survei capres terbaru Ipsos Public Affairs

Lembaga riset internasional Ipsos Public Affairs melakukan survei elektabilitas capres dan cawapres pada 27 Desember 2023 - 5 Januari 2024. Survei melibatkan 2.000 orang responden dengan margin of error ±2,19% pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil survei Ipsos sebagai berikut:

Menurut Ipsos elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran mencapai 48,05%, selanjutnya Anies-Muhaimin 21,80%. Di urutan ketiga ada Ganjar - Mahfud dengan elektabilitas 18,35%

Dibandingkan data survei November 2023, Prabowo-Gibran kembali mengalami kenaikan dari 42,66%. sementara Anies-Muhaimin cenderung stagnan dari 22,13% dan Ganjar-Mahfud dari turun dari 22,95%. Sementara itu IPSOS menemukan responden yang belum menentukan pilihan menurun tipis dari 12,26 turun ke 11,80%

Rangkuman survei capres terbaru dari Lembaga Survei Nasional (LSN)

Lembaga Survei Nasional menggelar survei pada 28 Desember 2023 - 2 Januari 2024. Survei LSN melibatkan 1.420 responden di 38 provinsi dengan margin or error 2,6% dan tingkat kepercayaan 95%. 

Berdasarkan survei terbaru LSN, pasangan Prabowo-Gibran meraih elektabilitas 49,5%. Selanjutnya Anies-Muhaimin elektabilitasnya 24,3%, Ganjar-Mahfud elektabilitasnya 20,5%. Sedangkan yang tidak tahu atau tidak menjawab mencapai 5,7%

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...