Alasan Mahfud Belum Mundur dari Kabinet Meski Sudah Lama Direncanakan

Ira Guslina Sufa
24 Januari 2024, 09:25
Mahfud MD mundur
Katadata
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menjadi cawapres di pilpres 2024
Button AI Summarize

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyampaikan keinginan untuk mundur dari Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Joko Widodo. Rencana itu ia sampaikan dalam diskusi ‘Tabrak Prof’ yang berlangsung di Semarang, Jawa Tengah pada Selasa (23/1) malam. 

Calon wakil presiden nomor urut 2 yang mendampingi Ganjar Pranowo itu mengatakan keinginan untuk mundur bukan hal baru di pikirannya. Ia mengatakan rencana itu berkaitan dengan keikutsertaan dirinya dalam kontestasi pemilihan presiden 2024.

 "Saya merencanakan mengundurkan diri sebenarnya sudah lama ketika akan mulai debat pertama," kata Mahfud seperti dikutip Rabu (24/1). 

Menurut Mahfud, bila sudah tidak menjadi menteri ia merasa bisa lebih leluasa untuk membuka dan membaca data  karena sudah tidak berada di pemerintahan. Namun, ia mengatakan ada beberapa hal yang kemudian ia pertimbangan sehingga rencana itu urung terlaksana. 

Alasan pertama menurut Mahfud berkaitan dengan etika terhadap Presiden Jokowi karena telah mengangkat dirinya menjadi Menkopolhukam. "Saya dahulu diangkat oleh beliau dengan sangat terhormat, dengan penuh kepercayaan kepada beliau sebagai presiden rakyat," kata Mahfud. 

Mahfud mengatakan atas dasar niat baik membantu presiden ia pun harus merencanakan mundur dengan lebih baik. Apalagi niatnya untuk mundur karena ingin berjalan dengan calon presiden yang ia sebut sebagai presiden rakyat. 

"Saya harus mempersiapkan diri dengan baik-baik karena saya akan bersama calon presiden rakyat yang lain, namanya Pak Ganjar Pranowo,” ujar Mahfud. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...