Golkar Targetkan Pemenangan Prabowo-Gibran 80% di Jambi

Safrezi Fitra
28 Januari 2024, 10:04
Golkar, airlangga hartarto, prabowo-gibran
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) berswafoto dengan anggota partai usai menghadiri acara konsolidasi Partai Golkar se-Sumbagsel.
Button AI Summarize

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menargetkan kemenangan telak untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo-Gibran di Jambi. Jambi merupakan salah satu basis terbesar Golkar.

"Terkait target pemenangan 80%, pemilih Golkar di Jambi memilih Prabowo-Gibran," ujar Airlangga di Jambi, Sabtu (27/1) seperti dikutip Antara.

Golkar merupakan partai terbesar di Jambi. Pada Pemilu DPR 2019, partai yang identik dengan warna kuning itu berhasil meraup sekitar 360 ribu suara dari Jambi, setara 2,1% dari total perolehan suara nasional Golkar.

Target pemenangan Golkar untuk pasangan Prabowo-Gibran di Jambi relatif tinggi dibandingkan dengan daerah-daerah lain yang rata-rata masih di angka 70%.

Saat ini dukungan Golkar terhadap capres yang diusungnya sudah lebih tinggi dari sebelumnya. "Berdasarkan pemilu yang lalu, Partai Golkar mendukung sekitar 50 persen. Tetapi saat sekarang berdasarkan hasil survei sudah 70 persen jadi sudah relatif tinggi," ujarnya.

Airlangga mengatakan dukungan Golkar untuk Prabowo-Gibran relatif tinggi untuk ukuran dukungan partai politik terhadap calon presiden dalam pemilihan presiden. Menurutnya, rata-rata partai politik mendukung pasangan yang diusung paling tinggi pada angka 80% hingga 83% dalam setiap pemilu.

Terkait Pemilu 2024, Partai Golkar menargetkan dapat meraih suara 20 persen. Airlangga optimistis target ini bisa tercapai di seluruh wilayah Indonesia.

Dia mengatakan sudah tidak perlu lagi berandai-andai bagaimana bila target-target tersebut bisa tercapai. Saat ini Golkar tetap fokus mengejarnya, apalagi jadwal pemilu yang tinggal sebentar lagi.

"Tidak perlu berandai-andai pemilu sebentar lagi tanggal 14 Februari 2024," ujarnya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...