Alasan Jokowi Pilih Tito Ketimbang Prabowo Sebagai Plt Menkopolhukam

Muhamad Fajar Riyandanu
2 Februari 2024, 16:45
jokowi, prabowo, tito karnavian, mahfud
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kiri) berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) sebelum sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/12/2023).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam). Istana juga menjelaskan mengapa Presiden tak menunjuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai Plt Menkopolhukam.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan pos Kementerian Dalam Negeri merupakan bagian unit kerja dari jajaran Kemenkopolhukam. Selain itu, sosok Tito dianggap sebagai bagian dari menteri senior di Kabinet Indonesia Maju.

"Pak Tito merupakan salah satu menteri yang senior. Jadi Bapak Presiden menunjuk beliau sebagai Plt. Menkopolhukam," kata Ari di Kantor Kementerian Sekretariat Negara pada Jumat (2/2).

Adapun Kemenkopolhukam memiliki kewenangan untuk mengoordinasikan sejumlah kementerian dan lembaga, yakni Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kejaksaan Agung, TNI, Polri, hingga Badan Intelijen Negara (BIN) juga berada di bawah koordinasi Kemenkopolhukam.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...