Jokowi Beri Bansos, Menkominfo: Partai Bisa Manfaatkan Elektabilitas

Desy Setyowati
4 Februari 2024, 18:29
bansos, jokowi, menkominfo,
YouTube Total Politik
Menkominfo Budi Arie Setiadi
Button AI Summarize

Beberapa politikus dan civitas academica mengkritisi langkah Presiden Jokowi atau Joko Widodo membagikan bansos menjelang Pilpres 2024. Menteri Kominfo alias Kementerian Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menilai partai sebenarnya bisa memanfaatkan hal ini untuk menggenjot elektabilitas.

Co-founder Total Politik Budi Adiputro dan Arie Putra bertanya kepada Budi Arie soal pernyataan Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Masinton Pasaribu yang menyebut ada menteri yang membagikan bansos dan meminta penerima berterima kasih kepada Presiden Jokowi.

“Menteri partai lain bisa diminta juga dong,” kata Budi menjawab pertanyaan kedua co-founder Total Politik dikutip dari YouTube, Sabtu (3/2).

Ia mengakui bahwa bansos yang diberikan oleh Presiden Jokowi menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara alias APBN. Namun menurut dia, kebijakan untuk memberikan bansos disetujui oleh presiden.

“Tanpa diskresi dari presiden tidak akan terwujud. Jadi ucapan terima kasih itu, biasa saja. Itu hak rakyat berterima kasih kepada Presiden Jokowi,” kata dia.

Selain itu, menurut dia cara menteri membagikan bansos dan meminta penerima berterima kasih kepada Presiden Jokowi merupakan bentuk kreativitas masing-masing partai untuk mendongkrak elektabilitas pasangan capres dan cawapres maupun caleg.

“Itu kreativitas. Apakah melanggar aturan jika rakyat berterima kasih kepada presiden? Rakyat juga tahu kalau bansos itu menggunakan APBN. Tetapi kan negara itu ada pimpinannya?” ujar dia.

Pada kesempatan itu, Budi Arie juga menjelaskan alasan tidak melibatkan menteri lain saat membagikan bansos seperti Menteri Sosial Tri Rismaharini. “Ini kan dinamika kepartaian yang ada di pemerintahan,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...