AHY Sebut Hilirisasi Dimulai SBY, Jadi Besar di Masa Jokowi

Ade Rosman
6 Februari 2024, 18:24
ahy, sby, jokowi, hilirisasi
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/Spt.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberi sambutan saat safari politik di Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (8/1/2024).
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengklaim program hilirisasi yang digenjot Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah lebih dulu dilakukan oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sejak 2013 lalu.

AHY menyampaikan hal tersebut dalam pidato politiknya di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (6/2). AHY mengatakan ayahnya pada 11 tahun lalu sudah menyatakan hilirisasi pertambangan penting dilakukan.

"Program hilirisasi sebenarnya sudah mulai dilakukan sejak tahun 2013, di era pemerintahan Presiden SBY, khususnya dalam sektor pertambangan," kata AHY dalam pidatonya.

AHY mengatakan SBY kala itu tak lagi ingin mengekspor bahan mentah. Ia juga menyebut SBY mewajibkan industri pertambangan untuk membangun smelter di lokasi yang dekat dengan sumber bahan baku.

"Dengan memastikan tidak merusak ekosistem, melibatkan pekerja lokal, serta menjaga dan menghormati hak adat setempat," katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...