Ini Alasan Partai Buruh Belum Deklarasi Dukung Capres-Cawapres

Lona Olavia
8 Februari 2024, 17:06
Ini Alasan Partai Buruh Belum Deklarasi Dukung Capres-Cawapres
Katadata
Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, setelah melakukan wawancara dengan Tim Katadata di Jakarta (18/10/2023).
Button AI Summarize

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengungkapkan alasan mengapa partainya belum mendeklarasikan dukungan kepada capres-cawapres Pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang. 

“Pertama, survei internal Partai Buruh menunjukkan dua putaran. Karena dua putaran, kami mengajukan alasan kedua, adakah yang mau kontrak politik dengan Partai Buruh? Cabut omnibus law, bukan retorika,” kata Said ketika ditemui sebelum acara “Kampanye Nasional Partai Buruh” di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (8/2).

Menurutnya, apabila retorika semata, dirinya sudah tahu. Karena itu, ia menginginkan adanya kontrak politik secara tertulis terkait pencabutan omnibus law. 

“Kalau retorika, kami tahu. Karena itu, cabut omnibus law dan buat kontrak secara tertulis. Si capres dan cawapres mengumumkan secara terbuka,” ucapnya.

Selain itu, ia mengatakan tak ada satupun pasangan capres-cawapres yang berani melakukan kontrak politik dengan pihaknya dan juga mendukung tuntutan yang mereka perjuangkan.

“Ketika Partai Buruh memperjuangkan kenaikan upah sebesar 15%, tidak da satupun capres yang memberikan dukungan. Ketika kami memblokade jalan-jalan, jutaan orang turun pada 30 November, tidak satupun capres yang memperjuangkan Partai Buruh,” ujarnya.

Karena alasan tersebut, Said mengatakan pihaknya memilih fokus pada pencalonan caleg agar bisa masuk ke dalam parlemen.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...