Kampanye Akbar di JIS dan GBK, Ini Rekayasa Lalu Lintasnya

Hari Widowati
10 Februari 2024, 08:23
Foto udara simpatisan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat memasuki lokasi kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Sabtu (10/2/2024). Kampanye tersebut merupakan penutup sebelum hari pelaksanaan Pe
ANTARA FOTO/ Erlangga Bregas Prakoso/tom.
Foto udara simpatisan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat memasuki lokasi kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Sabtu (10/2/2024). Kampanye tersebut merupakan penutup sebelum hari pelaksanaan Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024.
Button AI Summarize

Pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2024, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan menggelar kampanye akbar di Jakarta pada hari ini, Sabtu (10/2). AMIN akan melaksanakan kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS) sedangkan Prabowo-Gibran akan berkampanye di Gelora Bung Karno (GBK).

Polisi menerapkan rekayasa lalu lintas di sekitar kedua lokasi tersebut. Menurut TMC Polda Metro Jaya, pengalihan arus dimulai pukul 04.00 hingga 16.00 WIB. Polisi mengimbau masyarakat untuk menghindari aktivitas di sekitar JIS dan GBK agar tidak terjebak kemacetan.

"Hindari seputar kawasan GBK dan JIS karena terdapat kegiatan Kampanye Akbar Pemilu 2024," demikian pernyataan Polda Metro Jaya dalam unggahan di akun X @TMCPoldaMetro. Polisi akan menerjunkan 2.666 personel pengamanan untuk kampanye akbar AMIN di JIS dan 5.922 personel untuk mengantisipasi kampanye akbar Prabowo-Gibran di GBK.

Kampanye AMIN akan berlangsung sejak pagi hari. Berikut ini pengaturan lalu lintas di sekitar JIS menurut TMC Polda Metro:
1. Kendaraan dari jalan RE Martadinata khusus kendaraan penghuni permukiman dan pengunjung JIS, kendaraan lurus ke Bintang Mas.
2. Kendaraan sumbu tiga atau lebih dari arah Polair belok kiri ke arah Enggano Raya
3. Kendaraan sumbu tiga atau lebih dari jalan Yos Sudarso ke Pluit diputarbalikkan di pertigaan terminal dan kembali ke Yos Sudarso.
4. Kendaraan dari arah Tol Papanggo di pertigaan Papanggo khusus penghuni permukiman dan pengunjung JIS.
5. Kendaraan di perempatan Bisma khusus penghumi permukiman dan pengunjung JIS.
6. Kendaraan di perempatan Sertivia khusus penghuni dan pengunjung JIS.

Kampanye pasangan Prabowo-Gibran akan berlangsung di GBK mulai pukul 14.00 WIB. Berikut ini pengaturan arus lalu lintas di sekitar GBK:
1. Arus lalu lintas dari Jalan Gatoto Subroto yang akan menuju Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi.
2. Arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju Layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda.
3. Arus lalu lintas dari Bundaran Senayan menuju Jalan Pintu I Senayan diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi.
4. Arus lalu lintas dari Jalan Moestopo menuju Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan ke Jalan Hang Tuah.
5. Arus lalu lintas dari Jalan Patal Senayan 1 yang menuju Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar.
6. Arus lalu lintas arah Manggala Wanabakti yang akan menuju Jalan Lapangan Tembak diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...