Deretan Tujuh Menteri Jokowi yang Ikut Kampanye Akbar Prabowo-Gibran

Muhamad Fajar Riyandanu
10 Februari 2024, 17:30
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto memberikan pidato politik saat mengikuti kampanye akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (10/2/2024). Kampanye tersebut merupakan penutup dari rangkaian kampanye Prabowo-Gibra
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/YU
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto memberikan pidato politik saat mengikuti kampanye akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (10/2/2024). Kampanye tersebut merupakan penutup dari rangkaian kampanye Prabowo-Gibran sebelum hari pelaksanaan Pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang.
Button AI Summarize

Sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju hadir dalam kegiatan Kampanye Akbar pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta pada Sabtu (10/2/2024).

Sebagian dari mereka merupakan anggota partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung pasangan Prabowo-Gibran dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024. Ada juga menteri yang berstatus sebagai relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pilpres 2014 dan 2019, yang kini memberikan dukungan kepada Prabowo-Gibran.

Berikut sejumlah menteri yang menghadiri Kampanye Akbar Prabowo-Gibran bertajuk 'Pesta Rakyat untuk Indonesia Maju':

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Airlangga hadir ke ajang kampanye pamungkas Prabowo-Gibran bersama rombongan Partai Golkar. Airlangga mengenakan kaos polo warna kuning yang dibalut dengan rompi tanpa lengan warna biru muda. Dalam rombongan tersebut, terpantu hadir Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Aritedjo

Airlangga merupakan Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Dia juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar yang menjadi salah satu partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) pengusung Prabowo-Gibran.

Adapun Golkar merupakan partai politik pertama yang mengusulkan Gibran sebagai calon wakil presiden mendampingin Prabowo. Keputusan tersebut diumumkan langsung oleh Airlangga dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Golkar pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan alias Zulhas merupakan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga merupakan anggota KIM. Dalam susunan TKN, Zulhas juga menduduki posisi sebagai wakil ketua dewan pengarah. Saat itu, Zulhas mengenakan kemeja biru muda lengan pendek dengan bordiran logo PAN bermotif matahari putih di bagian dada sebelah kiri. Dia tiba bersama rombongan PAN bersama Ketua Majelis Penasihat PAN Hatta Rajasa.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi

Pada kampanye akbar kali ini, Budi Arie mengenakan kaos lengan pendek bersablon wajah Prabowo-Gibran. Budi Arie menduduki kursi Menteri Komunikasi dan Informatika sejak sejak 17 Juli 2023 menggantikan Johnny G Plate yang tersandung kasus korupsi proyek pengadaan BTS 4G. Budi Arie juga masih menjabat sebagai Ketua Umum Relawan Pro-Jokowi (Projo).

Pada 21 Januari lalu, Budi Arie mendeklarasikan Projo mendukung Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di pemilu 2024. Mereka mengupayakan langkah partai berlogo bunga mawar itu untuk lolos ke senayan.

Menurut Budi Arie, Projo memiliki semangat yang sama dengan PSI untuk memenangkan Prabowo-Gibran di ajang Pilpres 2024 dalam sekali putaran. Adapun Ketua Umum PSI saat ini diduduki oleh putra bungsu Jokowi, yakni Kaesang Pangarep.

Menteri BUMN Erick Thohir

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Dini Pramita
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...