Kala Muhaimin dan Jusuf Kalla Ikut Simpatisan AMIN Jalan Kaki

Amelia Yesidora
10 Februari 2024, 20:34
Pendukung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) memenuhi Jakarta International Stadium (JIS) untuk menyemarakkan kampanye akbar sekaligus kampanye terakhir pada Sabtu, (10/2/2024).
Katadata/Amelia Yesidora
Pendukung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) memenuhi Jakarta International Stadium (JIS) untuk menyemarakkan kampanye akbar sekaligus kampanye terakhir pada Sabtu, (10/2/2024).
Button AI Summarize

Jalan R. E. Martadinata lumpuh total pagi tadi. Sejak pukul 06.00 WIB, banyak bus, mobil, hingga motor yang parkir di tengah jalan. Penyebabnya adalah kampanye terakhir yang dilaksanakan pasangan calon nomor urut satu, Anies-Muhaimin, di Jakarta International Stadium (JIS).

Dari pantauan Katadata, banyak pendukung yang memilih turun dari kendaraan mereka untuk berjalan ke arah JIS. Jarak yang ditempuh tidak dekat, sekitar 3–5 kilometer. Bukan cuma pendukung, calon wakil presiden nomor urut satu, Muhaimin Iskandar, juga harus berjalan kaki lantaran kendaraannya tidak bisa menembus massa.

“Basah kuyup total! Alhamdulilah jalan 3,5 km, posisi himpit-himpitan tapi semuanya tenang, aman, dan happy,” kata Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa itu pada media di JIS, Sabtu (10/2/2024).

Tidak hanya Muhaimin, wakil presiden Indonesia ke-10 dan 12, Jusuf Kalla, juga harus berjalan kaki menuju JIS. Ia berjalan kaki bersama istrinya. Hal ini diungkap oleh Anies Baswedang yang menceritakan Jusuf Kalla harus berjalan sekitar 3,5 kilometer bersama istrinya selama sekitar 1,5 jam.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, pendukung juga bisa ke JIS dengan KRL. Sayangnya, beberapa pendukung mengalami kesulitan di KRL pagi ini. Pasalnya, KRL tidak berhenti di Stasiun Ancol, stasiun terdekat dari JIS. KRL justru berhenti di Stasiun Tanjung Priok.

Salah satu penyebab adalah Stasiun Ancol yang menbeludak karena dipenuhi terlalu banyak pendukung AMIN. “Mau enggak mau ya jalan lima kilometer juga tadi,” ujar salah seorang pendukung bernama Rini.

Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Dini Pramita
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...