Top News: 5 Survei Capres Terbaru, Tujuh Menteri Ikut Kampanye Akbar

Aryo Widhy Wicaksono
12 Februari 2024, 05:25
Capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berfoto usai debat kelima Pilpres 2024, Minggu (4/2/2024).
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.
Capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berfoto usai debat kelima Pilpres 2024, Minggu (4/2/2024).

Survei terbaru mengenai elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres - cawapres) dari lima lembaga, menunjukkan masih terjadinya dinamika dukungan publik menjelang hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang.

Elektabilitas pasangan calon (paslon) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, menguat dan unggul dibandingkan kedua paslon lainnya. Namun, tim sukses dari masing-masing paslon optimistis bahwa survei bukan penentu hasil Pilpres 2024.

Advertisement

Survei capres terbaru dari lima lembaga menjadi salah satu artikel Top News Katadata.co.id. Selain itu, simak juga bagaimana tiga ahli hukum membuat film dengan narasi dugaan kecurangan Pemilu, serta tujuh menteri Jokowi yang ikut kampanye akbar.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. 5 Survei Capres Terbaru Jelang Pencoblosan, Siapa Unggul?

Survei terbaru yang dirilis lima lembaga menunjukkan elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden menjelang hari pemungutan suara dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 terus bergerak.

Elektabilitas pasangan calon (paslon) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, semakin menguat dan unggul dibandingkan kedua paslon lainnya.

Namun, tim sukses dari masing-masing paslon optimistis bahwa survei belum tentu menentukan hasil akhir dalam Pilpres 2024.

Kampanye akbar dari ketiga paslon berlangsung pada hari ini, Sabtu (10/2). Paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) melaksanakan kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka melaksanakan kampanye akbar di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Adapun paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD melaksanakan kampanye penutup di Solo, Jawa Tengah. Ketiga kampanye itu dihadiri ratusan ribu orang pendukung masing-masing paslon.

2. Ketua KPU Tegaskan Video Viral Penghitungan Suara di Luar Negeri Hoax

Ketua Komisi Pemilu Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengatakan perhitungan surat suara pemilu 2024 yang sudah dilakukan di luar negeri adalah hoax, alias kabar bohong.

Ia menjelaskan penghitungan surat suara di luar negeri akan dilakukan bersamaan dengan penghitungan yang dilakukan di Indonesia. Ia memastikan video viral yang tersebar di media sosial yang menunjukkan hasil penghitungan suara di luar negeri adalah tidak benar.

"Apabila sudah ada publikasi hasil penghitungan suara luar negeri sebelum 14 Februari 2024, kami pastikan itu adalah tidak benar," kata dia dikutip dari Antara, Sabtu (10/2/2024).

Hasyim mengatakan penghitungan surat suara di luar negeri akan dilakukan pada 14-15 Februari 2024, meskipun di beberapa lokasi sudah dilakukan pemungutan suara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement