Media Internasional Sorot Pemilu di Indonesia, Bahas Soal Kompleksitas

Ira Guslina Sufa
14 Februari 2024, 14:48
Pemilu
ANTARA FOTO/Sakti Karuru/tom.
Seorang warga Papua Nugini yang telah memiliki KTP Indonesia memperlihtkan jari yang telah dicelup tinta usai menggunakan hak pilihnya di TPS 01 Pasar PLBN Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, rabu (14/2/2024).
Button AI Summarize

Sejumlah media internasional menyorot pelaksanaan pemilihan umum atau Pemilu 2024 yang berlangsung hari ini, Rabu (14/2). Pemberitaan mengenai pemilu di Indonesia menjadi tajuk utama pemberitaan sejumlah media globa. 

Media asal Inggris British Broadcasting Corporation (BBC) menyampaikan bahwa Pemilu Indonesia akan diikuti oleh 200 juta penduduk. Mereka menyorot luasnya cakupan pelaksanaan pemilu yang digelar di 17 ribu pulau Indonesia dari Sabang sampai Merauke. 

BBC bahkan secara khusus mewartakan topik Pemilu Presiden secara langsung (real time). Variasi berita mulai tentang Pemilu yang berlangsung di Papua dan banjir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jawa Tengah. Kemudian pemberitaan saat Capres Anies Baswedan, Capres Ganjar Pranowo, dan Capres Prabowo Subianto, hingga Presiden Joko Widodo yang menyalurkan suara di TPS.

Masih dari Inggris, surat kabar kenamaan The Guardian turut menyajikan fakta mengenai Pemilu di Indonesia. Tidak hanya menyampaikan latar belakang dari ketiga calon presiden, The Guardian turut membahas mengenai Pemilu Indonesia yang dinilai oleh International Foundation for Electoral Systems sebagai skala Pemilu terbesar dengan tantangan logistik yang sangat besar. Hal itu lantaran pemilu melibatkan 820 ribu TPS.

Organisasi media berita terbesar di Timur Tengah Aljazeera turut melaporkan perkembangan proses pemungutan suara di Indonesia secara langsung. Mulai dari analisa pakar mengenai demokrasi di Tanah Air, harapan pemilih untuk presiden terpilih, hingga TPS yang mempunyai dekorasi unik dan menarik.

Beralih ke pemberitaan di Jepang, NHK World secara khusus memasang ketiga wajah kandidat calon presiden pada halaman atas situs web pemberitaannya. NHK World melaporkan bahwa fokus Pemilu di Indonesia adalah memilih untuk melanjutkan kebijakan Presiden Joko Widodo atau mengupayakan reformasi.

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...