Hasto Sebut Ada 4 Wilayah Terindikasi Kecurangan dan Intimidasi

Nur Hana Putri Nabila
14 Februari 2024, 15:16
Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menilai Pemilihan umum (Pemilu) 2024 diwarnai kecurangan hingga intimidasi di berbagai provinsi di Indonesia.
Katadata/Ade Rosman
Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menilai Pemilihan umum (Pemilu) 2024 diwarnai kecurangan hingga intimidasi di berbagai provinsi di Indonesia.
Button AI Summarize

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menilai Pemilihan umum (Pemilu) 2024 diwarnai kecurangan hingga intimidasi di berbagai provinsi di Indonesia. Hasto menemukan kecurangan dan intimidasi tersebut mendominasi di empat wilayah, yakni Madura, Papua, Jawa Tengah (Jateng), serta Jawa Timur (Jatim). 

"Tadi malam kami sempat menyampaikan kewaspadaan tinggi untuk wilayah tersebut, khususnya Jateng dan Jatim," kata Hasto kepada wartawan di Rumah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, di Jakarta Selatan pada Rabu (14/2).

Di tengah intimidasi, Hasto menyebut rakyat tetap menunjukkan antusiasme untuk mendukung pasangan calon nomor urut 3, Ganjar-Mahfud. Tak hanya itu, kekuatan arus bawah tersebut tak terbendung oleh tekanan apapun, meskipun dukungan terus-menerus diberikan kepada paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Hasto menyatakan meskipun hasil exit poll di luar negeri mengunggulkan pasangan Ganjar dan Mahfud, intimidasi masih terjadi. Menurutnya ada pihak-pihak tertentu yang panik dan mengeluarkan instruksi untuk meningkatkan upaya intimidasi di kubu paslon 3. Oleh karena itu, Hasto menegaskan bahwa ketua umum dan para ketua partai pengusung akan berkumpul di Teuku Umar untuk mengkaji situasi tersebut.

"Jadi, kami terus melakukan pemantauan termasuk yang di DPP PDI Perjuangan di mana pusat Badan Saksi Pemilu Nasional terus mengupdate hasil-hasil perolehan suara," ujar Hasto.

Reporter: Nur Hana Putri Nabila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...