Top News: PKB Buka Opsi Merapat ke Prabowo, Kandidat Potensial Menkeu

Aryo Widhy Wicaksono
20 Februari 2024, 05:40
Sejumlah simpatisan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menunjukkan poster saat deklarasi mendukung Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024 di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu(24/12/2023).
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/YU
Sejumlah simpatisan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menunjukkan poster saat deklarasi mendukung Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024 di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu(24/12/2023).
Button AI Summarize

Seiring dengan hasil quick count dan semakin terkumpulnya penghitungan suara real count Komisi Pemilihan Umum (KPU), partai politik mulai mengambil manuver untuk bersiap menghadapi pemerintahan selanjutnya.

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB di Dewan Perwakilan Rakyat, Cucun Ahmad Sjamsurijal, mengatakan partainya terbuka untuk komunikasi politik dari semua pihak usai Pemilu 2024.

Cucun menanggapi pertanyaan mengenai isu adanya komunikasi politik antara PKB dengan kubu pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pada Pemilu 2024 ini, PKB mendukung pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar.

Komunikasi politik di antara partai politik ini merupakan salah satu artikel terpopuler, dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain itu, simak juga mengenai pembahasan THR, serta kandidat pengganti Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. PKB Buka Opsi Bangun Komunikasi dengan Kubu Prabowo Usai Pilpres

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB di Dewan Perwakilan Rakyat Cucun Ahmad Sjamsurijal mengatakan partainya terbuka untuk komunikasi politik dari semua pihak usai Pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan Cucun saat ditanya soal isu adanya komunikasi politik antara PKB dan kubu pasangan capres-cawapres nomor urut 02 yang mengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kalau misalkan upaya-upaya semacam untuk melakukan komunikasi politik itu para elit politik, ya sah-sah saja dilakukan," kata Cucun di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Minggu (18/2) seperti dikutip dari Antara.

Direktur Pemilihan Legislatif Dewan Pimpinan Pusat PKB itu mengatakan pihaknya juga menghargai upaya komunikasi politik sebagai bagian dari semangat membangun bangsa.

Meski begitu ia mengakui hingga kini belum ada komunikasi resmi antara PKB dengan kubu Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo.

2. Jokowi dan Sri Mulyani Bahas THR dan Gaji Ke-13 PNS, Cair H-10 Lebaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil Menteri Keuangan Sri Mulyani ke Istana Merdeka Jakarta pada Senin (19/2). Pertemuan tersebut membahas soal persiapan penyaluran tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 tahun 2024.

Sri Mulyani mengatakan, rapat mengenai pemberian THR dan gaji ke-13 perlu dibahas sejak jauh hari untuk memastikan penyalurannya dapat dilakukan pada 10 hari sebelum hari raya lebaran.

“Saya melaporkan persiapan pembayaran THR dan gaji ke-13 kepada presiden. Persiapannya dilakukan sejak sekarang,” kata Sri Mulyani saat ditemui usai rapat.

Rapat terbatas itu juga membahas rencana perubahan postur APBN 2024 untuk penyesuaian masa transisi kepemimpinan Presiden Jokowi ke masa pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029.

“Ada beberapa peralihan yang terjadi karena adanya perubahan di dalam pos-pos belanja dan bagaimana prospek untuk 2024,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...