Profil dan Kekayaan Hadi Tjahjanto, Menkopolhukam Pengganti Mahfud MD

Ira Guslina Sufa
21 Februari 2024, 10:29
Hadi Tjahjanto
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/agr/nz
Hadi Tjahjanto menyampaikan pidato ilmiah saat Rapat Senat Terbuka Hari Pendidikan Tinggi Teknik (HPPT) ke-78 di Fakultas Teknik, UGM, Sleman, D.I Yogyakarta, Sabtu (17/2/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo akan melantik dua pejabat baru di Kabinet Indonesia Maju. Mereka adalah Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan atau Menkopolhukam dan Menteri Agraria dan Tata Ruang atau ATR. 

Untuk posisi Menkopolhukam, Jokowi akan melantik Hadi Tjahjanto yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Agraria. Hadi akan menggantikan posisi yang ditinggal oleh Mahfud MD lantaran mundur untuk fokus ikut kontestasi pemilihan presiden 2024. Adapun untuk posisi Menteri Agraria atau Kepala Badan Pertanahan Nasional akan diisi oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. 

Hadi Tjahjanto merupakan menteri dengan latar belakang TNI. Ia pernah menjabat sebagai panglima TNI pada 2017 hingga 2021. Ia mulai menjabat sebagai Menteri Agraria pada 2022 menggantikan Sofyan A Djalil. 

Mahfud merespons positif penunjukan Hadi sebagai Menkopolhukam. Ia mengaku telah mendengar kabar pengangkatan Hadi sebagai penggantinya. Mahfud menilai Hadi sosok yang dapat mengemban tugas yang sebelumnya dijalankan olehnya itu.

"Boleh juga, boleh juga. Saya kenal baik sama beliau. Dia orangnya baik," kata Mahfud di Kantor Mahfud MD Initiative, Jakarta, Selasa (20/2).

Profil Hadi Tjahjanto, Menkopolhukam Pengganti Mahfud MD 

Hadi Tjahjanto S.I.P. dilahirkan pada 8 November 1963, di Malang, Jawa Timur. Ia menempuh pendidikan di Sekolah Dasar dari tahun 1976 dan tamat Sekolah Menengah Atas pada 1982. 

Selanjutnya, Hadi menyelesaikan pendidikan tinggi dengan meraih gelar Sarjana pada tahun 1997. Ia kemudian melanjutkan studi S-2 dengan konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia di Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...