Surya Paloh: Hak Angket Konstitusional, Wajib Kita Hormati

Amelia Yesidora
23 Februari 2024, 18:03
Ketum Nasdem Surya Paloh (ketiga dari kanan) usai pertemuan Koalisi Perubahan di Jakarta, Jumat (23/2). Foto: Amelia Yesidora
Katadata
Ketum Nasdem Surya Paloh (ketiga dari kanan) usai pertemuan Koalisi Perubahan di Jakarta, Jumat (23/2). Foto: Amelia Yesidora
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh merespons wacana penggunaan hak angket untuk dugaan kecurangan Pemilu 2024. Menurutnya, sangat disayangkan bila hak angket yang jadi keistimewaan anggota DPR tidak dimanfaatkan dengan baik.

“Itu kan hak konstitusional yang ada. Saya pikir bukan hanya mengiyakan, tapi wajib untuk menghormati dan menghargai hak-hak konstitusional itu," kata Paloh usai usai pertemuan tiga ketua partai Koalisi Perubahan dengan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Wisma Nusantara, Jumat (23/2).

Hak konstitusional berupa hak angket ini bukan hanya soal mendukung. Ia mengatakan setiap orang juga bebas menggagas atau menolak hak angket yang baru digulirkan oleh PDIP ini. 

Kendati demikian, Paloh menegaskan pendirian ketiga partai di Koalisi Perubahan masih konsisten mendukung paslon nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Mereka bakal mengawal dan mengikuti Anies-Muhaimin hingga penghitungan hasil dari KPU. 

 “Prosesnya bagaimana? Ya biarkan saja dia mengalir secara natural,” katanya.

Isu hak angket pertama kali digulirkan oleh calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo. Menurutnya proses Pemilu yang diwarnai kecurangan ini bisa digugat dengan menggunakan hak angket di DPR. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...