AHY Temui Wapres Ma’ruf Amin Setelah Jabat Menteri, Apa Agendanya?

Ira Guslina Sufa
24 Februari 2024, 17:21
AHY temui Ma'ruf Amin
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin mengendarai mobil golf seusai pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Beranda Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019).
Button AI Summarize

Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY berkunjung ke kediaman Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di Jakarta, Sabtu (24/2) petang. AHY datang menggunakan , mobil hitam berpelat RI 41 sekitar pukul 15.30 WIB. 

Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengkonfirmasi kunjungan AHY sebagai kunjungan biasa. "Iya silaturahmi," kata Herzaky singkat melalui pesan singkat.  di Jakarta, Sabtu.

Kunjungan putra Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono itu ke kediaman Wapres pertama kali digelar sejak Ketua Umum Demokrat itu dilantik menjadi Menteri ATR atau Kepala Badan Pertanahan Nasional. AHY dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (21/2) menggantikan Hadi Tjahjanto yang diangkat menjadi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan.

Pelantikan AHY itu secara bersamaan dengan pelantikan Hadi Tjahjanto. Penunjukkan tugas itu didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 34 P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019—2024, yang ditetapkan Presiden Joko Widodo di Jakarta pada tanggal 20 Februari 2024.

Sebelum menjabat menteri, AHY merupakan ketua umum partai yang menjadi oposisi pemerintah Jokowi - Ma’ruf Amin sejak 2019. Ia mulai memiliki hubungan baik dengan Jokowi setelah Demokrat resmi mendukung pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka menjadi calon presiden dan calon wakil presiden. 

Sebelum mendukung Prabowo - Gibran, AHY sempat menyatakan dukungan untuk Anies Baswedan di pilpres 2024. Namun ia berbalik setelah Anies memilih Muhaimin Iskandar sebagai calon wakil presiden. 

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...