Prabu Revolusi Diangkat jadi Komisaris Independen Kilang Pertamina

Ira Guslina Sufa
24 Februari 2024, 15:11
Prabunindya Revta Revolusi diangkat jadi komisaris independen PT Kilang Pertamina
Istimewa
Prabunindya Revta Revolusi diangkat jadi komisaris independen PT Kilang Pertamina
Button AI Summarize

PT Pertamina (Persero) mengangkat  Prabunindya Revta Revolusi atau biasa dikenal Prabu Revolusi sebagai Komisaris Independen di PT Kilang Pertamina Internasional atau KPI. KPI merupakan anak usaha yang menjalankan bisnis Pertamina terkait pengolahan minyak dan gas bumi serta bahan lainnya menjadi berbagai produk turunan. 

Pengangkatan Prabu sudah diumumkan secara resmi. Merujuk situs resmi perusahaan yang diakses pada Sabtu (24/2), Prabu menjadi satu-satunya komisaris independen di perusahaan itu. 

Prabu merupakan dosen komunikasi di Universitas Paramadina dan pernah menjadi Pemimpin Redaksi di INews TV. Mengutip dari laman linkedin miliknya, Prabu bekerja di MNC TV selama tiga tahun. Pada 2020-2021 ia menjabat sebagai Staf Khusus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. 

Nama Prabu juga sering disebut selama gelaran pemilu 2024. Ia sebelumnya sempat bergabung menjadi Deputi Komunikasi 360 Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo - Mahfud MD. Posisi itu tak lama ia emban karena diberhentikan dari TPN sebelum masa pendaftaran Ganjar - Mahfud ke KPU. 

Setelah tak lagi berada di kubu pasangan calon presiden dan wakil presiden 03, ia merapat ke kubu Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Keterlibatan Prabu di kubu Tim Kampanye Nasional Prabowo - Gibran terkonfirmasi dari keikutsertaannya di sejumlah kampanye Prabowo. Melalui akun sosial media X miliknya, Prabu juga sering menulis tentang berbagai hal terkait dengan pasangan nomor urut 2 itu.

Bila dilihat dari latar belakang pendidikan, Prabu merupakan Sarjana Teknik dari ITB jurusan Teknik Fisika (2004). Ia juga beberapa kali terlibat dalam proyek Refinery Automation. Namun saat melanjutkan studi ke magister, pada 2017 ia memilih jurusan Komunikasi Politik di Universitas Paramadina.  Ia pun meraih gelar Doktor dari Universitas Sahid pada 2022. 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...