Prabowo Diangkat Jadi Jenderal Kehormatan, Susul SBY hingga Luhut

Amelia Yesidora
27 Februari 2024, 18:21
prabowo, luhut, sby
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa.
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto bersiap menyampaikan pidato saat menghadiri sillahturahmi Nasional Ummat dan Ulama di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (9/1/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo bakal menganugerahkan kenaikan pangkat Jenderal Kehormatan (HOR) bagi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada Rabu (28/12). Ini berarti pangkat Prabowo yang tadinya Letnan Jenderal atau bintang tiga akan naik.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan gelar ini didapatkan Prabowo karena kontribusi di dunia militer.

“Oleh sebab itu, Pak Prabowo diputuskan, diusulkan oleh Mabes TNI kepada presiden untuk diberikan jenderal penuh.” kata Dahnil.

Prabowo bukanlah yang pertama, paling tidak mencatat sudah ada tujuh Jenderal TNI yang mendapat gelar kehormatan. Salah satu di antaranya adalah Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Dikutip dari laman Akademi Militer, ini daftarnya:

1. Soesilo Soedarman

Soesilo lulus dari Militer Akademi pada 1948 dan beroleh gelar Jenderal Kehormatan pada 17 Maret 1993, di era Soeharto. Soesilo adalah tokoh militer yang pertama kali memperoleh gelar Jenderal Kehormatan. Sebelumnya, pemberian gelar jenderal kehormatan ini dilakukan secara anumerta, misalnya kepada Gatot Subroto dan Ahmad Yani. 

Karirnya moncer di era Soeharto. Ia adalah Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (1986–1988), kemudian ditunjuk sebagai Menteri Psriwisata, Pos, dan Telekomunikasi (1988–1993), hingga menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Kemaanan (1993–1998).  

2. Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden ke-6 Indonesia ini mendapatkan gelar Jenderal Kehormatan pada 15 November 2000, saat Abdurrahman Wahid menjabat presiden. Ia adalah alumni Akademi Militer Nasional yang lulus pada 1973. 

Syukuran HUT ke-64 PEPABRI
Syukuran HUT ke-64 PEPABRI (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.)

Lelaki yang kerap disapa SBY ini berhenti menjadi militer sejak ditunjuk Gus Dur sebagai Menteri Pertambangan dan Energi pada 1999. Ia pensiun dari jabatan militer per 25 September 2000. Kini namanya dikenal sebagai ayah dari Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY, Menteri ATR/BPN sekaligus ketua umum Partai Demokrat.

3. Surjadi Soedirdja

Surjadi adalah Gubernur DKI Jakarta pada 1992-1997 yang mendapatkan gelar Jenderal Kehormatan pada 1 November 2000. Sama seperti SBY, Surjadi mendapatkan gelar tersebut saat Indonesia dipimpin Gus Dur.

Surjadi memegang jabatan strategis di bawah kepemimpinan Gus Dur.  Dari 1999 hingga 2001, ia menjabat Menteri Dalam Negeri. Di tengah jabatan itu, ia sempat menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Sosial, dan Keamanan pada 2000 menggantikan Wiranto. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...