Jakarta Dicoret dari Gelaran Formula E 2024, Jakpro Jelaskan Alasannya

Ira Guslina Sufa
29 Februari 2024, 06:27
Formula E Jakarta
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Sejumlah pembalap melaju saat kualifikasi seri kesepuluh balapan Formula E 2023 Jakarta di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Sabtu (3/6/2023). P
Button AI Summarize

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengungkapkan DKI Jakarta tidak masuk dalam daftar penyelenggara balapan mobil listrik Formula E pada 2024. Balapan dunia ini akan digelar kembali di Indonesia pada 2025. 

"Diundur tahun depan, jadi tahun ini kita tidak ikut karena pemilu," kata Project Director Jakarta EPrix 2023 Ivan Cahya Permana kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta seperti dikutip Kamis (29/1). 

Ivan menegaskan pengunduran ini sudah mutlak kepastiannya. Keputusan itu juga telah diambil sebelum pemilu bersama pemegang lisensi balapan mobil listrik Formula E Operation (FEO).

Adapun terkait biaya komitmen (commitment fee), pihaknya menyatakan siap mengikuti kesepakatan kontrak yang sudah ada dan dijanjikan. "Kami mengikuti apa yang ada saja, kan commitment fee sudah ada kontraknya kita ikuti," ujar Ivan.

Lebih jauh ia mengatakan pihak Jakpro akan memberikan pengumuman khusus terkait berapa hari penyelenggaraan Formula E akan diadakan di Indonesia nantinya. Dilansir dari keterangan resmi Formula E, kota Jakarta dicoret dari kalender balapan musim kesepuluh itu karena pada balapan yang direncanakan digelar pada 8 Juni 2024 di Sirkuit Internasional E-Prix Ancol tersebut bertabrakan dengan masa Pemilu 2024.

Adapun kontrak antara FEO dan JakPro itu berdurasi tiga tahun sejak 2022 hingga 2024 sehingga jika dibatalkan atau diundur maka akan menyalahi kesepakatan dan tercatat sebagai pelanggaran. Sebelumnya, anggota Komisi B DPRD DKI M Taufik Zoelkifli menegaskan balap mobil listrik internasional, Formula E 2024 semestinya tetap diselenggarakan di Jakarta. 

Taufik Zulkifli mengatakan saat ini sudah ada kontrak kerja sama bisnis di antara pihak terkait. Karena itu, dia meminta PT Jakarta Propertindo (Perseroda) memperdalam komunikasi terkait Formula E karena bersamaan dengan masa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...