Update Real Count KPU: Suara PSI Terus Naik

Safrezi Fitra
2 Maret 2024, 14:56
Update Real Count KPU: Suara PSI Terus Naik, PSI, real count kpu, perolehan suara PSI
ANTARA FOTO/Irfan Sumanjaya/aww.
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep.
Button AI Summarize

Perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam real count sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dipublikasikan dalam Sirekap, terus baranjak naik. Perolehan suara partai ini hampir mendekati ambang batas 4 persen yang ditetapkan UU Pemilu.

Berdasarkan data Sirekap per Sabtu 3 Maret 2024 pukul 13.00 WIB, perolehan suara PSI mencapai 2,39 juta suara atau 3,13% persen dari total suara yang masuk. PSI menjadi partai ke-10 dengan suara terbanyak.

Raihan suara PSI dalam real count sementara KPU dalam beberapa hari terakhir mengalami kenaikan cukup signifikan. Pada 27 Februari, tepatnya pukul 06.00 WIB, suara PSI tercatat baru 2.085.130 atau 2,75% total perolehan suara. Saat itu, total suara yang masuk ke data Sirekap sudah 64,92%.

Catatan Katadata.co.id berdasarkan data Sirekap per Kamis dua hari lalu (29/3) pukul 14.00 WIB, menunjukkan bahwa PSI mendapatkan 2.085.130 suara atau setara 2,75%. Perolehan suara PSI ini terus naik hingga tembus level 3% pada 1 Maret 2024 dan terus menanjak hingga saat ini.

Perolehan suara PSI ini mulai membayang-bayangi suara Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Suara PPP sempat menyentuh angka 4 persen pada akhir bulan lalu, tapi kemudian turun lagi ke 3,97%.

PSI sendiri menjadi salah satu partai yang menjadi sorotan dalam pemilu kali ini. Apalagi partai ini dipimpin oleh putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...