PKB Siapkan 35 Nama Berlaga di Pilkada, Buka Opsi Kandidat Nonmuslim

Amelia Yesidora
4 Maret 2024, 17:43
PKB
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Muhaimin Iskandar atau Cak Imin selaku Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) (tengah) bersama Wakil Ketua Parta Nasional Demokrat Ahmad Ali melakukan konferesni pers saat berkunjung ke NasDem Tower, Jakarta, Rabu (6/9).
Button AI Summarize

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah menyiapkan daftar 35 nama untuk berkompetisi di Pilkada serentak 2024. Wakil Sekretaris Jenderal PKB, Syaiful Huda mengatakan nama-nama tersebut tersebar di seluruh Indonesia dan terdiri dari kader dan tokoh eksternal PKB.

“Kami pastikan akan banyak kejutan dari figur yang kami siapkan, kami memastikan untuk bisa menang dari provinsi di Jawa, baik Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten,” kata Syaiful Huda di DPP PKB, Jakarta, Senin (4/3).

Syaiful menjelaskan untuk bisa menjadi kandidat yang diusung PKB terdapat satu syarat wajib yang harus dipenuhi. Para calon kepala daerah harus memiliki visi yang selaras dengan agenda Perubahan. 

Menurut Syaiful, PKB akan memberikan restu bila kandidat tersebut sudah sejalan dengan separuh agenda kerja Anies-Muhaimin selaku capres-cawapres usungan Koalisi Perubahan. Bahkan partainya terbuka untuk tokoh nonmuslim, meski PKB kerap dikaitkan sebagai partai yang dekat dengan Nahdlatul Ulama atau NU.

 “Tidak harus (anggota Nahdlatul Ulama). PKB partai yang terbuka, apapun latar belakangnya, bahkan nonmuslim sekalipun. Bila bersaing di wilayah yang mayoritasnya nonmuslim, kami akan usung kandidat nonmuslim,” ujar Syaiful Huda pada Katadata.

Nantinya tokoh-tokoh ini bakal diuji di acara public meetup PKB. Dalam acara ini, partai bakal menguji bagaimana tingkat penerimaan publik bagi tokoh internal dan eksternal tersebut. 

Kendati demikian, Syaiful Huda masih belum mau membuka satupun nama tokoh dalam daftar tersebut. Namanya bakal diumumkan sekitar pertengahan Maret ini.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...