Top News: Anies Baswedan Komentari Suara PSI, Ledakan di Mako Brimob

Aryo Widhy Wicaksono
5 Maret 2024, 05:35
Pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar memberikan keterangan pers di posko pemenangan, Menteng, Jakarta, Rabu (14/2/2024).
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/Spt.
Pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar memberikan keterangan pers di posko pemenangan, Menteng, Jakarta, Rabu (14/2/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan, turut menyoroti kenaikan perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Menurutnya, seluruh rakyat harus mengawasi perolehan suara agar prosesnya transparan.

Anies berharap publik dapat terus memantau perkembangan rekapitulasi Pemilu 2024, agar setiap suara warga tersalurkan sesuai pilihan politik mereka.

Mantan Gubernur Jakarta ini menegaskan, bahwa pelaksanaan pemilu harus dapat membuat bangga warga. Sebab jika terjadi proses yang disembunyikan, ia menilai akan menciptakan kegelisahan dan mengurangi tingkat kepercayaan terhadap negara.

Komentar Anies terhadap kenaikan suara PSI merupakan salah satu artikel terpopuler, dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id.

Selain itu, simak juga alasan terjadinya ledakan di Mako Brimob Surabaya, serta bos pengelola Starbucks yang mengundurkan diri.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Komentari Lonjakan Suara PSI, Anies Singgung Ketua Umum Anak Presiden

Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan turut menyoroti naiknya perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia atau PSI secara tiba-tiba. Menurutnya, seluruh rakyat harus mengawasi perolehan suara agar prosesnya transparan.

“Saya harap teman-teman terus pantau agar jujur. Kalau memang ada suaranya, harus dilindungi. Kalau memang tidak ada suaranya, jangan diada-adakan,” ujar Anies saat berada di Kampung Akuarium, Minggu (3/3).

Mantan Gubernur Jakarta ini mengatakan Pemilu harus membanggakan, bukan memalukan. Pemilu bisa jadi memalukan karena ada pekerjaan yang disembunyikan dan ini sudah diketahui oleh publik.

Dengan keadaan tersebut, ia melihat masyarakat menjadi gelisah dan mengurangi tingkat kepercayaan terhadap negara. “Kalau pemilunya cacat, rusak semua. Nila setitik rusak susu sebelanga,” kata Anies.

Di sisi lain ia mengatakan upaya untuk memainkan suara merupakan peristiwa yang merusak demokrasi. Turunnya integritas pemilu menurut dia akan merusak semua kepercayaan rakyat terhadap proses pemilu yang berlangsung.

2. Ledakan di Mako Brimob Surabaya, Polda Jelaskan Penyebabnya

Ledakan dilaporkan terjadi di Kantor Subdensi Pom Detasemen I Kepolisian Daerah Jawa Timur, Surabaya, Senin (4/3) pukul 10.19 WIB. Kapolda Jatim Inspektur Jenderal Polisi Imam Sugianto menduga ledakan berasal dari sisa-sisa temuan bahan peledak yang akan dimusnahkan atau didisposal.

"Jadi, kebetulan Jibom Gegana Polda Jatim ini belum memiliki gudang yang standar, jadi sisa-sisa bahan peledak itu disimpan di sebelah kantornya, pagi tadi meledak," kata Imam Sugianto seperti dikutip dari Antara.

Lebih jauh Imam mengatakan hingga saat ini tidak ada korban jiwa dari peristiwa ledakan tersebut. Polisi terus mengamankan situasi di lokasi kejadian.

"Alhamdulillah, sementara tidak ada korban jiwa, hanya kerugian material kantor sama satu mobil yang berisi perlengkapan untuk peledakan bom," ujar Imam.

Ia menyebut saat ini tim dari labfor sudah turun didampingi oleh tim Gegana. Mereka sedang bekerja melakukan olah TKP termasuk dibantu oleh Reskrim dari Polres Tanjung Perak Surabaya.

Berdasarkan temuan sementara Imam mengatakan bom yang meledak termasuk low explosive. “Mudah-mudahan nanti setelah mendapat hasil lengkap kami akan informasikan kepada rekan-rekan media," ujar Imam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...