DPR Mulai Lagi Rapat Paripurna Usai Pemilu, Puan Tak Hadir

Ameidyo Daud Nasution
5 Maret 2024, 10:55
Pembukaan Sidang Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/3). Foto: Ade Rosman.
Katadata
Pembukaan Sidang Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/3). Foto: Ade Rosman.
Button AI Summarize

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani tak menghadiri Rapat Paripurna DPR RI Ke-13 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2023-2024. Wakil Ketua DPR yang juga merupakan Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menggantikan Puan menbacakan pidato pada pembukaan masa Persidangan IV Tahun Sidang 2023–2024.

Rapat hari ini dihadiri oleh 290 orang dari total 575 anggota dewan.  Selain Dasco, pimpinan DPR yang hadir yakni Wakil Ketua Rachmat Gobel dan Lodewijk Freidrich Paulus. Sementara Muhaimin Iskandar juga tak hadir.

 "Dengan demikian kuorum telah tercapai" kata Dasco membuka rapat, Selasa (5/3).

Dalam pidatonya, Dasco menyinggung mengenai tahapan Pemilu yang masih dilangsungkan saat ini. Ia membeberkan, tahapan pemilu masih menyisakan rekapitulasi perhitungan suara, penetapan hasil Pemilu, penanganan permohonan perselisihan hasil Pemilu, dan pengucapan sumpah atau janji Presiden-Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPD RI serta anggota DPR Provinsi dan kabupaten/kota.

"Kita dituntut untuk memiliki etika politik untuk siap kalah dan siap menang. Akan tetapi etika politik yang sama juga dituntut untuk dimiliki bagi penyelenggara Pemilu yang bebas, jujur, dan adil," katanya.

Puan tak hadir pada rapat paripurna lantaran tengah melakukan kunjungan kerja ke Paris, Prancis dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ketua Parlemen perempuan dunia atau Women Speakers' Summit 2024.

Pada kunjungannya itu, Puan juga diagendakan melakukan bilateral meeting dengan Ketua Majelis Nasional Prancis, Madame Yaël Braun-Pivet di kantor Majelis Nasional Prancis atau National Assembly of French di Paris, pada Selasa (5/3). 

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...