10 Caleg Jatim I Potensi ke DPR, Ahmad Dhani - Chef Arnold Beda Nasib

Amelia Yesidora
6 Maret 2024, 05:40
caleg
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Musisi Ahmad Dhani melakukan sesi latihan jelang konsernya di Jakarta, Senin (30/12/2019).
Button AI Summarize

Daerah Pemilihan Jawa Timur I kerap dikenal sebagai ‘dapil neraka’ di Jawa Timur. Alasannya dapil yang meliputi Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya ini kerap diisi nama pesohor politik di setiap kali gelaran pemilihan legislatif. 

Pada pemilu 2024, wilayah Jawa Timur mendapat jatah 87 kursi untuk Dewan Perwakilan Rakyat. Khusus dapil Jawa Timur I, Komisi Pemilihan Umum menetapkan para caleg memperebutkan 10 kursi di Senayan. Beberapa nama diperkirakan lolos, seperti musisi Ahmad Dhani dan bos realestate Paulus Totok Lusida. 

Hingga Selasa (5/3) pukul 17.00 WIB, perkembangan pengumpulan suara di dapil ini sudah mencapai 66,29% atau 9.104 dari total 13.733 TPS yang ada. Dari laporan itu, Gerindra menjuarai dapil Jatim I dengan jumlah suara 240.646 atau setara 20,89%. Di urutan kedua, ada partai PDIP dengan 178.689 (15,51%), kemudian Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB dengan perolehan 135.900 suara (11,8%).

Partai Mana Saja di Dapil Jawa Timur I Potensi Lolos ke Senayan?

Untuk penentuan kursi yang akan diperoleh masing-masing partai pada pemilu 2024 ini berpotensi akan menggunakan metode yang sama dengan pemilu 2019. Saat itu KPU menggunakan perhitungan dengan metode sainte lague untuk menghitung konversi perolehan suara menjadi kursi DPR. 

Sederhananya perolehan kursi DPR di setiap dapil ditentukan dengan menghitung jumlah suara sah setiap partai politik yang memenuhi ambang batas kemudian dibagi dengan bilangan pembagi satu dan diikuti secara berurutan oleh bilangan ganjil sampai jumlah kursi di setiap dapil habis dibagi. 

Dengan metode tersebut, maka merujuk data sementara KPU ada delapan partai yang bisa lolos ke Senayan dari dapil Jatim I. Khusus Gerindra dan PDIP, masing-masing memperoleh dua kursi. Sisanya mendapat satu kursi, seperti PKB, PAN, Golkar, dan Nasdem. Begitu juga dengan PSI dan PKS. 

Daftar Caleg Jatim I yang Berpotensi Lolos ke DPR

Calon legislatif yang berpotensi lolos ke DPR adalah mereka yang beroleh suara terbanyak dari masing-masing partai. Berikut daftarnya:

Kans Caleg Bambang Haryo Soekartono (Gerindra)

Politisi Gerindra ini beroleh suara terbanyak di Jatim I dengan jumlah 88.661 suara. Namanya sudah akrab di telinga warga Sidoarjo ini karena pernah mencalonkan diri sebagai Bupati Sidoarjo pada 2020 lalu namun dikalahkan Ahmad Muhdlor Ali. Sebelumnya, ia juga pernah menjadi anggota DPR (2014–2019) di Komisi VI yang membidangi BUMN, koperasi, investasi, hingga perdagangan.

Kans Caleg Dhani Ahmad Prasetyo (Gerindra) 

Pendiri grup band Dewa 19 ini beroleh suara terbesar kedua di Jatim I, dengan perolehan 55.766 suara. Lelaki yang akrab dikenal dengan Ahmad Dhani ini sebelumnya juga mencalonkan diri sebagai anggota dewan dari dapil dan partai yang sama pada 2019 lalu namun tidak terpilih. 

Kans Caleg Puti Guntur Soekarno (PDIP)

Puti adalah cucu pertama dari Presiden Pertama RI, Soekarno sekaligus anak pertama Guntur Soekarnoputra. Puti sendiri adalah petahana yang sudah duduk di DPR pada Komisi X sejak 2019 lalu. Komisi ini membidangi pendidikan, kebudayaan, olahraga, hingga ekonomi kreatif. Dalam Pileg 2024 di dapil Jatim I, ia beroleh 48.959 suara. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...