Direktur BPJS Kesehatan Pamerkan Layanan Mobile JKN dalam ICT 2024

Uji Sukma Medianti
Oleh Uji Sukma Medianti - Tim Publikasi Katadata
8 Maret 2024, 13:14
BPJS Kesehatan
Istimewa
BPJS Kesehatan
Button AI Summarize

Direktur Kepesertaan BPJS Kesehatan David Bangun mengatakan tranformasi digital tidak hanya akan meningkatkan efisiensi administratif, tetapi juga memberikan dampak positif yang lebih besar bagi pelayanan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Inovasi yang dibangun BPJS Kesehatan, kata dia, senantiasa berorientasi pada customer journey sehingga akan berdampak langsung pada peserta. Hal ini ia sampaikan saat menjadi salah satu pembicara di The 17th ISSA International Conference On Information And Communication Technology In Social Security (ICT 2024) di Indonesia di Nusa Dua, Bali, Kamis (7/3) kemarin.

"Sebut saja aplikasi Mobile JKN yang kini menjadi andalan peserta karena hanya dengan satu aplikasi dapat merangkum customer journey mulai dari pendaftaran, pembayaran iuran, pendaftaran layanan, pemberian informasi, pengaduan hingga memantau riwayat kesehatan atau i-Care JKN,” ujar David Bangun, dalam keterangan tertulis, Jumat (8/3).

Lebih jauh David mengatakan, aplikasi Mobile JKN dioptimalkan dengan berbagai penambahan fitur baru, misalnya fitur telekonsultasi dimana peserta dapat berkonsultasi dengan dokter di fasilitas kesehatan dimana ia terdaftar tanpa perlu datang.

Selanjutnya inovasi untuk fitur skrining riwayat kesehatan yang bermanfaat bagi peserta memastikan kondisi kesehatannya setiap tahun dapat diisi secara mandiri.

Dalam aplikasi Mobile JKN juga dikembangkan fitur pendaftaran program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) bagi peserta yang mau mencicil iuran yang menunggak.

Aplikasi ini juga memuat berbagai informasi seperti informasi fasilitas kesehatan, infomasi ketersediaan tempat tidur, dan informasi jadwal tindakan operasi. Dengan begitu diharapkan tidak ada lagi isu terkait dengan tranparansi informasi dalam layanan JKN.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...