Kronologi Pilot Batik Air Tertidur Saat Terbang hingga Dibebastugaskan

Ira Guslina Sufa
10 Maret 2024, 10:49
Batik air
ANTARA FOTO/Andri Saputra/YU
Warga mengabadikan pesawat Batik Air saat akan mendarat di Bandara Sultan Babullah Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara, Minggu (23/7/2023).
Button AI Summarize

Manajemen Batik Air menonaktifkan atau membebastugaskan sementara pilot yang ramai disorot lantaran tertidur dalam penerbangan. Pilot tersebut tertidur saat terbang menggunakan pesawat ID-6723 rute Kendari ke Jakarta pada Kamis (25/1).  

Corporate Communiations Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan pembebastugasan sudah dilakukan sejak Jumat (26/1). Menurut Danang keputusan tersebut, merupakan bentuk keseriusan perusahaan terhadap pentingnya aspek keselamatan serta menjalankan investigasi yang menyeluruh.

“Batik Air berkomitmen untuk selalu berkoordinasi dengan regulator, awak pesawat dan pihak-pihak terkait (berwenang) lainnya dalam meningkatkan standar keselamatan penerbangan,” ujar Danang seperti dikutip, Minggu (10/3). 

Lebih jauh ia mengatakan Batik Air menyatakan telah menerapkan kebijakan waktu istirahat yang memadai. Ia menyebutkan perusahaan juga menekankan kembali pemahaman akan pentingnya memaksimalkan waktu istirahat bagi awak pesawat agar tetap dalam kondisi prima sebelum melaksanakan tugas terbang.

“Batik Air berkomitmen untuk selalu berkoordinasi dengan regulator, awak pesawat dan pihak-pihak terkait (berwenang) lainnya dalam meningkatkan standar keselamatan penerbangan,” ujar dia.

Danang mengatakan Batik Air juga bakal menerapkan rekomendasi keselamatan dari KNKT usai insiden tersebut. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari upaya Batik Air memperkuat program pembinaan dan meningkatkan prosedur keselamatan operasional penerbangan terhadap semua awak pesawat.

Kronologi Pilot Batik Air Tertidur dalam Penerbangan 

Sebelumnya Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dalam laporan pendahuluan yang diakses di laman resmi KNKT mengungkapkan terjadi masalah serius yang terjadi saat salah satu pesawat Batik Air terbang di udara dari Kendari menuju Jakarta.Masalah itu berkaitan dengan kedua pilot dalam penerbangan itu yang tidak sengaja tertidur selama 28 menit, hingga menyebabkan serangkaian kesalahan navigasi. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...