Dipanggil Rapat oleh DPR, KPU Siap Beri Penjelasan Soal Sirekap

Ameidyo Daud Nasution
12 Maret 2024, 21:52
kpu, sirekap, dpr
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim AsyÕari (tengah) berbincang dengan anggota KPU August Mellaz (kiri), dan anggota KPU Yulianto Sudrajat (kanan) saat konferensi pers di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (27/2/2024).
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menghadiri rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Kamis (14/3) lusa. KPU juga telah mempersiapkan bahan, termasuk jika ditanya soal Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

Anggota KPU August Mellaz mengatakan surat dari DPR sudah sampai ke Ketua KPU Hasyim Asy'ari beberapa hari lalu. Hasyim juga telah memberikan surat disposisi untuk semua anggota KPU.

"Saya juga telah mendapatkan disposisi (surat), saya akan hadir," kata August di KPU, Jakarta, Selasa (12/3) dikutip dari Antara.

August mengatakan rapat tersebut dalam rangka evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2024. Oleh sebab itu, KPU akan mempersiapkan bahan sebaik mungkin, termasuk apabila muncul pertanyaan soal Sirekap.

"Apakah nanti spesifik Sirekap atau bagaimana, kita lihat nanti," katanya.

Cara memunculkan diagram Sirekap
Cara memunculkan diagram Sirekap (Katadata/Desy Setyowati)

Sebelumnya, anggota Komisi II DPR Agung Widyantoro mengatakan dewan akan menggelar rapat dengan KPU pada lusa. Hal tersebut sesuai hasil rapat internal komisi tersebut.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...