Resmikan Pabrik Minyak Makan Merah, Jokowi Pamer Hilirisasi Sawit

Muhamad Fajar Riyandanu
14 Maret 2024, 14:42
jokowi, sawit, minyak
ANTARA FOTO/Yudi Manar/nym.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) dan Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin (kanan) menyampaikan pidato saat peresmian pabrik minyak goreng merah di Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (14/3/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara pada Kamis (14/3). Jokowi mengatakan produk minyak makan merah merupakan hasil produk hilirisasi pengolahan buah kelapa sawit.

Pabrik yang berada di bawah naungan Holding BUMN Perkebunan PT Perkebunan Nusantara III (PTPN) ini berupaya memperbanyak variasi produk olahan kelapa sawit. Jokowi menyebut harga minyak makan merah lebih murah dari harga minyak goreng yang ada di pasaran saat ini.

"Inilah yang namanya hilirisasi, jangan jual tandan buah segar (TBS), jangan jual crude palm oil (CPO)," kata Jokowi saat memberikan sambutan peresmian, disiarkan oleh kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis (14/3).

Kehadiran pabrik pertama yang memproduksi minyak makan merah ini diharapkan memberikan nilai tambah signifikan bagi petani sawit. Pasalnya, Indonesia memiliki kebun kelapa sawit seluas 15,3 juta hektare, dengan 40,5% diantaranya milik petani.

"Kita harapkan dapat memberikan nilai tambah yang baik bagi para petani sawit, utamanya yang sudah dalam bentuk koperasi," ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...