Jokowi Soal Tingginya Harga Beras: Banyak Negara Sama dengan Kita

Amelia Yesidora
15 Maret 2024, 15:55
jokowi, beras, pangan
ANTARA FOTO/Yudi Manar/nym.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) dan Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin (kanan) menyampaikan pidato saat peresmian pabrik minyak goreng merah di Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (14/3/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo mengatakan kenaikan harga beras tak hanya terjadi di Indonesia melainkan seluruh dunia. Alasan utamanya adalah perubahan iklim seperti hujan yang terlalu deras dan kemarau terlalu panjang.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan bantuan pangan di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, Jumat (15/3).Jokowi mengatakan pasokan beras di banyak negara mulai menipis.

“Banyak negara yang juga sama dengan kita gagal panen sehingga karena suplainya sedikit, yang makan tetap atau tambah banyak sehingga harganya naik," kata Jokowi dikutip dari keterangan resmi.

Makanya, Jokowi menjanjikan bantuan cadangan beras akan diberikan kepada masyarakat hingga Juni. Jokowi mengatakan program bakal dilanjutkan bila dana yang dimiliki pemerintah cukup.

 

“Nanti kalau kita lihat ada ruang di APBN untuk anggaran, ini akan dilanjutkan. Tapi janji dari pemerintah sampai bulan Juni dulu," kata Presiden.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...