Startup Mobil Listrik Vietnam Tawarkan Sewa Baterai di Indonesia

Lenny Septiani
18 Maret 2024, 21:08
baterai mobil listrik
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listriknya di stasiun pengisian baterai listrik di Kuningan, Jakarta, Senin (30/5/2022).
Button AI Summarize

Startup mobil listrik asal Vietnam, VinFast menawarkan penyewaan baterai berbasis langganan kendaraan listrik di Indonesia. Startup ini berharap mobil listrik perusahaan dapat menarik pelanggan.

“Dengan penawaran ini, VinFast berkomitmen untuk mengatasi kekhawatiran yang paling mengganggu pemilik kendaraan listrik yakni degradasi baterai,” ujar CEO VinFast Indonesia Tran Quoc Huy dalam keterangan pers, Senin (18/3).

Ia mengatakan, nilai jual mobil sangat bergantung pada keandalan yang disertai oleh umur kendaraan dan masa kepemilikan. Dalam industri kendaraan listrik, kekhawatiran ini semakin kompleks dengan hadirnya kesadaran akan masa pakai baterai. 

Adapun kesehatan baterai menentukan jangkauan kendaraan listrik dan nilai jual dari kendaraan listrik tersebut. “Hal ini menjadi sumber kekhawatiran bagi pengemudi, sebuah faktor yang dapat menurunkan nilai sebuah mobil secara signifikan,” kata dia.

Huy mengatakan, pergeseran preferensi konsumen terhadap kendaraan listrik masih menjadi tantangan meskipun kesadaran lingkungan dan insentif pemerintah semakin meningkat. Terbatasnya adopsi kendaraan listrik sebagian disebabkan oleh ketidakpastian seputar umur baterai. 

Selain itu, kekhawatiran pelanggan ini merupakan hal yang wajar. Menurut Huy tingginya biaya penggantian baterai setelah beberapa tahun kepemilikan dapat berefek pada kenyamanan pengendara dan biaya servis yang membengkak. Oleh karena itu, VinFast menawarkan layanan penyewaan baterai dengan memastikan kondisi baterai tetap prima. 

“Jika kesehatan baterai turun di bawah 70% dari kapasitas aslinya, VinFast akan menggantinya secara gratis,” kata Huy. 

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...