Surya Paloh: Bergabung dengan Pemerintah Baru Bukan Prioritas Nasdem

Amelia Yesidora
21 Maret 2024, 05:00
surya paloh, nasdem, pilpres
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/Spt.
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memberikan pidato politiknya secara virtual pada acara HUT ke-12 Partai Nasdem di NasDem Tower, Jakarta, Sabtu (11/11/2023).
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh merespons isu kemungkinan masuknya partai tersebut ke dalam koalisi pemerintah yang baru. Menurut Surya, hal tersebut belum menjadi prioritas NasDem saat ini.

Hal itu disampaikan dalam konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta, setelah Komisi Pemilihan Umum atau KPU mengumumkan hasil penghitungan suara Pemilu 2024, Rabu (20/3) malam.

"Saya pikir bergabung pada pemerintahan baru bukan prioritas utama bagi NasDem. Kemungkinan tetap bergabung maupun tidak bergabung itu sama posisinya hari ini. Jadi ini saya ingin mempertegas," kata Surya.

Ia berharap Pemilu 2024 menghasilkan pemerintahan yang lebih hebat, kuat, solid, dan mantap untuk menjalankan administratif pemerintahan. Kendati demikian Surya memberi catatan bahwa ada banyak suara yang mengatakan pemilu saat ini berjalan dengan buruk.

Surya bahkan menyebut bahwa demokrasi senantiasa menyisakan ruang untuk perbaikan atau penyelewengan terhadap praktik kekuasaan. Meski demikian, ia juga menyampaikan selamat pada Prabowo-Gibran yang meraih suara terbanyak.

 “Partai NasDem mengucapkan selamat kepada Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Pemenang Pilpres 2024,” kata Surya pada Rabu (20/3).

 Surya turut mengucapkan selamat bagi seluruh partai politik peserta Pemilihan Legislatif 2024 dan ketiga pasangan calon yang sudah mengikuti Pemilihan Presiden 2024. 

Komisi Pemilihan Umum atau KPU telah menetapkan pasangan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pemilu 2024 dengan perolehan 96.214.691 suara atau setara 58,58%.

Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara atau setara 24,94%. Selanjutnya pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 27.040.878 mendapatkan suara atau setara 16,47%. Adapun total surat suara sah, menurut dia, berjumlah 164.227.475 suara

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...