Ganjar Berharap MK Bisa Kembalikan Marwah Demokrasi Soal Hasil Pilpres

Ade Rosman
21 Maret 2024, 15:12
Ganjar
ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/Spt.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) dan Direktur Eksekutif Walhi Zenzi Suhadi (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan usai menggelar pertemuan tertutup dengan Walhi di kantor Walhi, Jakarta, Kamis (8/2/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo menaruh harapan pada Mahkamah Konstitusi (MK) usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan hasil Pemilu 2024. Ia berharap MK dapat mengadili gugatan sengketa Pemilu dengan baik sehingga dapat mengembalikan marwah demokrasi.

Menurut Ganjar tim pemenangan nasional (TPN) Ganjar-Mahfud akan segera mendaftarkan gugatan sengketa Pemilu ke MK. Upaya ini merupakan jalan yang telah disediakan oleh mekanisme pemilu sehingga bisa menjadi corong untuk memastikan demokrasi berjalan sebagaimana mestinya. 

"Dan untuk itu tim akan segera mendaftarkan itu, dan mudah-mudahan ini akan membuka tabir, dan tentu saja harapan kita MK lah yang nanti mengadili ini dengan baik, dan bisa mengembalikan marwah demokrasi kita agar sesuai dengan harapan dan aturan," kata Ganjar di Posko GAMA, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Kamis (21/3).

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan telah berkoordinasi selama satu bulan ke belakang untuk mengumpulkan bukti-bukti yang akan dibawa dalam gugatan sengketa ke MK. Ia menyebut data yang dikumpulkan berasal dari partai pengusung hingga cerita saksi-saksi di daerah.

"Mulai dari proses, kalau boleh saya sebut seleksi calon presiden dan cawapres, sampai kemudian berproses kepada putusan MK 90 dan pada saat itu, awal cerita inilah yang kemudian rasa-rasanya proses Pemilu menjadi pertanyaan banyak pihak," kata Ganjar.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...