KAI Sediakan 480 Tiket Mudik Gratis ke Semarang, Ini Syaratnya

Ferrika Lukmana Sari
26 Maret 2024, 07:48
mudik gratis
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.
Seorang porter mendorong troli barang bawaan pemudik kereta api di Stasiun Tawang, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (28/6/2023). Pada periode libur sekolah dan cuti bersama Hari Raya Idul Adha, PT KAI Daop 4 Semarang mencatat per Jumat (23/6) hingga Rabu (28/6) sebanyak 77.550 penumpang atau per harinya 15.007 penumpang melintas di dua stasiun di kota itu dengan rincian 8.147 penumpang berangkat dari Stasiun Semarang Poncol dan 6.860 penumpang berangkat dari Stasiun Tawang.
Button AI Summarize

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggelar mudik gratis ke Semarang dengan menyediakan 480 tiket gratis bagi para penumpang kereta api untuk perjalanan pada tanggal 2 April 2024 mendatang.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, para penumpang bisa menikmati mudik gratis dengan kereta Tawangjaya Premium kelas ekonomi dari Pasar Senen ke Semarang Tawang Bank Jateng.

“Mudik gratis ini, KAI laksanakan dalam rangka mendukung program Mudik Asyik BUMN tahun 2024 yang merupakan agenda rutin BUMN dan sebagai wujud komitmen BUMN untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia,” kata Joni dalam keterangan resmi dikutip Selasa (26/3).

Program ini terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia dengan syarat wajib memiliki KTP atau tercatat dalam Kartu Keluarga yang masih berlaku. Pendaftaran dapat dilakukan tanggal 25-26 Maret 2024 di Stasiun Pasar Senen pada pukul 09.00-16.00 WIB.

Di samping itu, pemesanan dapat pula dilakukan secara online tanpa harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui aplikasi Access by KAI mulai tanggal 26 Maret 2024 pukul 14.00 WIB.

Selain itu, pemesanan di Access by KAI dapat dilakukan dengan cara memilih relasi Pasar Senen – Semarang Tawang Bank Jateng atau relasi parsial di antara kedua stasiun tersebut.

Untuk mudik gratis kali ini, KAI membatasi satu orang hanya bisa memesan maksimum empat tiket. Kemudian satu orang peserta mudik dapat membawa satu infant (bayi berusia di bawah tiga tahun) tanpa mengurangi kuota peserta namun tidak mendapatkan nomor tempat duduk.

Sementara proses check in dan boarding tetap sesuai dengan aturan yang berlaku. Dia berharap, masyarakat bisa memanfaatkan mudik gratis ini agar dapat semakin memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk mudik lebaran dengan kereta api.

"Sehingga kereta api tetap menjadi pilihan utama perjalanan mudik masyarakat dengan ceria dan penuh makna,” ujar Joni.

Reporter: Ferrika Lukmana Sari
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...