Jokowi Kucurkan Rp 330 Miliar untuk Perbaikan 15 Ruas Jalan di Sulteng

Muhamad Fajar Riyandanu
26 Maret 2024, 14:56
jokowi, jalan, sulteng
Antara
Presiden Joko Widodo saat meresmikan perbaikan 15 ruas jalan di Sulawesi Tengah, Selasa (26/3). Foto: Antara.
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melangsungkan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Tengah pada Selasa (26/3). Dia meresmikan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah yang mencakup 15 ruas jalan dengan total panjang 147 kilometer (km).

Pembangunan jalan yang tersebar di 9 kabupaten/kota di Sulawesi Tengah itu menelan biaya ratusan miliar. Pemerintah memperbaiki 15 ruas jalan di 9 kabupaten dan kota yang berada di Sulteng.

“Menyangkut 15 ruas sepanjang 147 km yang menghabiskan anggaran Rp 330 miliar,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers yang disiarkan oleh kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi berharap peresmian jalan daerah ini dapat berkontribusi dalam memajukan infrastruktur di daerah, mendukung mobilitas warga, dan meningkatkan kualitas hidup di Sulawesi Tengah. Penanganan jalan daerah seluas 147 km ini juga mencakup pembangunan 66 jembatan.

Proyek tersebut mencakup pelaksanaan pekerjaan aspal minor sepanjang 500 meter serta 10 buah box culvert . Selain itu, juga terdapat pelebaran jalan existing yang saat ini hanya 4,5 meter dan akan memiliki lebar jalan sesuai dengan standar lebar jalan nasional yakni 7 meter.

Hal ini dilakukan karena ruas di lintas tengah ini merupakan urat dan nadi yang menghubungkan Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Gorontalo dalam pendistribusian logistik serta rute favorit pengendara untuk dilewati. 

Pada kesempatan tersebut, Jokowi menegaskan komitmen pemerintah untuk terus memeratakan pembangunan infrastruktur di seluruh Tanah Air. “Saya kira tidak hanya di sini, di provinsi lain juga sama, pemerintah akan cek semua pelaksanaan yang berkaitan dengan jalan daerah,” ujar Jokowi.

Turut mendampingi Presiden dalam acara peresmian tersebut yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma'mun Amir, dan Pj. Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...