Jokowi Resmikan Peremajaan 5 Bandara di Sulawesi, Nilainya 2,2 Triliun

Muhamad Fajar Riyandanu
26 Maret 2024, 17:14
bandara, jokowi, sulawesi
Antara
Presiden Joko Widodo saat meresmikan perbaikan Bandara Mutiara SIS Al-Jufri di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (26/3). Foto: Antara.
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan dan peremajaan lima bandara di Sulawesi dengan nilai total Rp 2,27 triliun.  Jokowi menargetkan peremajaan bandara bisa mempercepat arus mobilitas warga dan logistik barang dari dalam dan luar Sulawesi.

Pemugaran sejumlah lapangan terbang itu juga merupakan tindaklanjut dari proyek rekonstruksi bandara yang mengalami kerusakan akibat bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda pantai barat Pulau Sulawesi pada September 2018 silam. Salah satu bandara yang terdampak adalah Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu.

Jokowi mengatakan rekonstruksi Bandara Mutiara SIS Al-Jufri ini dibangun dengan anggaran Rp 567 miliar. Bandara itu kini memiliki runway alias landasan pacu sepanjang 2.510×45 meter persegi.

Spesifikasi Bandara Mutiara SIS Al-Jufri teranyar saat ini diklaim mampu melayani penerbangan dan pendaratan jenis pesawat berbadan sempit (narrow body) dengan lebar kabin 3-4 meter.

"Beberapa tahun lalu di Palu terjadi gempa dan kerusakan Bandara Mutiara Sis Aljufri sangat berat saat itu. Runway dan terminalnya rusak, sehingga pemerintah lakukan rehabilitasi," kata Jokowi saat memberikan sambutan peresmian Bandara Mutiara SIS Al-Jufri yang disiarkan oleh kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (26/3).

Pada momen tersebut, Jokowi menceritakan sejumlah kendala saat penyaluran bantuan untuk korban gempa Palu. Saat itu beberapa bandara mengalami kerusakan sehingga distribusi paket bantuan tak berjalan optimal.

"Saat itu saya ingat mau mengirim bantuan saja tidak bisa masuk karena bandaranya tidak bisa dipakai saat itu," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...